Home / Apotik Hidup / Khasiat Obat dari Tanaman Bunga Merak

Khasiat Obat dari Tanaman Bunga Merak

Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima) merupakan tanaman yang sering tumbuh di pekarangan maupun tumbuh liar di sekitar kita, memilki bunga cerah kekuningan. Habitus berupa perdu yang memiliki tinggi 2-4 m bercabang banyak dengan ranting berduri tempel, batang berwarna putih, padat dan liat. Daun majemuk menyirip genap ganda berbentuk polong pipih, panjang dapat dimakan serta berwarna hitam.Perbanyakan tanaman dengan biji.

Perawatannya dengan pemupukan, pengendalian gulma dan hama serta penyiraman air secara berkala.

Bagian dari tanaman Bunga merak yang biasa digunakan sebagai obat adalah bunga dan daun.

Bunga Merak memiliki khasiat melancarkan peredaran darah, abortivum (obat penggugur kandungan) dan peluruh haid. Daun bunga Merak dapat digunakn sebagai pencahar, batu ginjal, demam malaria, tumor, asma, penyakit kulit, bronkhitis dan anti peradangan.

Berikut ini adalah cara memanfaatkan tanaman Kembang Merak sebagai obat:

1. Mengobati Kejang Panas Pada Anak

Siapkan terlebih dahulu bahan 20 gr daun kembang merak beserta 3 jari akarnya, 5 kuntum bunganya, dan 3 jari kulit batangnya. Setelah semuanya sudah terkumpul, tumbuklah semua bahan sampai benar-benar halus, lalu tambahkan air garam secukupnya. Jika sudah tercampur dengan rata baru pakailah ramuan tersebut untuk dibalurkan atau digosokkan pada bagian leher, punggung dan kaki pada anak.

2. Mengobati Sariawan

Buatlah ramuan yang dipakai untuk berkumur, yaitu dengan cara merebus sampai masak 15 gr daun kembang merak beserta air secukupnya saja, lalu saring dan gunakan airnya selagi masih hangat.

3. Mengatasi Perut Kembung

Daun kembang merak, alang-alang, dan bawang putih dengan takaran seperlunya saja ditumbuk sampai menjadi bubur. Pakailah bubur ramuan tersebut untuk dibalurkan pada bagian perut yang kembung.

4. Melancarkan Menstruasi

Lumatkan daun kembang merak  sampai menjadi seperti pasta , encerkan dengan ditambahkan sedikit air saja. Lalu minumlah ramuan tersebut. Mengobati Radang Hati Rebus air 400 cc dengan daun kembang merak secukupnya lalu masukan 30 gr daun serut/ mirten. Bila sudah mendidih biarkan sejenak sampai air surut kurang lebih separonya. Setelah itu baru bisa disaring dan minum airnya saat masih hangat.

Atau bisa dengan cara merebus 1 genggam daun kembang merak yang masih segar dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu bagi menjadi 3 untuk diminum 3 kali minum dengan takaran ½ gelas sekali minum.

Peringatan : Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga tanaman ini!

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...