Home / Apotik Hidup / Khasiat Pohon Binong

Khasiat Pohon Binong

Binong memiliki nama latin hernandia peltata. Di beberapa daerah di Indonesia lebih dikenal sebagai Kempis Laut, kemiren (Jawa), Kampe (Sumatera), Naumo lako (Halmahera), Nyalako (Ternate), dan Nyalau (TIdore). Sedangkan Binong lebih dikenal di jawa barat/Sunda. Tanaman Binong juga terdapat di Malaysia.

Morfologi:

Habitus: Pohon, tinggi ± 15 m.
Batang: Tegak, berkayu, bulat, percabangan simpodial, putih kotor.
Daun: Tunggal, tersebar, lonjong, panjang 15-22 cm, lebar 9-11 cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, pertulangan menyirip, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk malai, dalam satu malai terdapat dua bunga jantan di pinggir dan bunga betina di tengah, di ketiak daun, mahkota 8 helai, benang sari empat, kepala sari bulat, putik bentuk gada, putih,
Buah: Kotak, bulat, hijau.
Biji: Bulat, pipih, coklat.
Akar: Tunggang, kuning kecoklatan.

Binong mengandung senyawaan lignan yang bermanfaat sebagai antikanker. Senyawaan lain adalah kelompok alkaloid yaitu bisbenzylisoquinoline yang berkhasiat anti malaria.

Perbanyakan tanaman ini dapat menggunakan biji atau percangkokan batang. Tumbuhan Binong cocok tumbuh di daerah hutan hujan dan hutan gugur di dataran rendah dan lereng pegunungan kapur hingga ketinggian 700m dpl. Perawatan tanaman ini dengan disiram secukupnya sampai akarnya kuat hingga 2 bulan. Pemupukan dengan pupuk organik dan pengenadalian Gulma.Setelah tumbuh besar dan akar kuat Binong tidak memerlukan perawatan khusus.

Khasiat Binong

Akarnya digunakan sebagai penawar racun, batangnya berguna sebagai obat muntah darah dan bijinya dapat digunakan untuk mengobati masuk angin dan penenang (pembiusan)  sedangkan kayunya digunakan sebagai obat muntah darah.

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...