Home / Apotik Hidup / Khasiat Tanaman Antanan Untuk Kekuatan Memori Otak

Khasiat Tanaman Antanan Untuk Kekuatan Memori Otak

Tanaman Antanan dikenal juga dengan nama Pegagan atau daun kaki kuda. Pegagan memiliki nama latin Centella asiatica (Linn) dan termasuk dalam keluarga Umbelliferae. Daun pegagan ini memiliki sifat manis dan sejuk. Sementara efek farmakologisnya adalah anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis tersebut pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional.

Di Amerika Serikat dan Eropa, daun ini baru akhir-akhir ini saja banyak menyita perhatian para praktisi kesehatan. Sehingga baru-baru ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh daun antanan ini bisa membantu dalam penyembuhan keluhan kesehatan atau bahkan penyakit tertentu. Padahal, di wilayah seperti Indonesia, India dan Cina, daun yang satu ini sudah banyak dibudidayakan serta sudah banyak digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Antanan mengandung zat-zat yang bisa menjaga kesehatan dan juga dapat digunakan sebagai obat. Zat-zat yang terkandung dalam pegagan diantaranya adalah garam mineral, yaitu kalsium, kalium, magnesium, natrium dan zat besi, dan banyak lagi zat-penting lainnya diantaranya asiaticoside, madasiatic acid, tannin, vellarine, thankuniside, isothankunisise, mesoinositol, hydrocotylin, brahmic acid, brahmocide, brahminoside, centelloside, madecassoside, dan carotenoids.

Daun antanan terbukti berkhasiat dapat meningkatkan daya ingat,kecerdasan dan konsentrasi. Juga dapat membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak,obat untuk penyakit TBC, menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan, dan obat Anti Lepra. Dari unsur – unsur kimia yang dimilki antanan dapat meberikan efek menenangkan, anticemas, dan anti stress. Antanan juga berkhasiat memperbaiki sel – sel kulit mati, merangsang pertumbuhan kuku, rambut dan jaringan ikat, menghilangkan rasa nyeri pada persendian serta dapat melancarkan peredaran darah.

Khasiat Antanan untuk Otak dan Daya Ingat.

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Decsmber 2012 dengan judul ‘Neurological Sciences’, Centella Asiatica memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Kerusakan otak yang bisa dicegah dengan manfaat daun antanan yang merupakan kerusakan otak yang disebabkan oleh kerusakan sel.

Hasil dari berbagai penelitian menemukan jika manfaat daun antanan memiliki kandungan suplemen natural untuk mencegah disfungsi kognitif dan bentuk kerusakan syaraf lainnya. Daun antanan juga diperkaya dengan kandungan yang bisa meningkatkan daya ingat.

Antanan juga baik dikonsumsi anak-anak untuk meningkatkan kinerja otak dan kecerdasannya.

 

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...