Home / Apotik Hidup / Khasiat Tanaman Cendana Sebagai Obat

Khasiat Tanaman Cendana Sebagai Obat

Cendana denga nama latin Santalum album merupakan tanaman pohon dengan tinggi hingga mencapai 15 meter. Kulitnya berkayu kasar dengan warna kelabu. Daunnya sangat mudah gugur. Kayu cendana digunakan karena memilki wangi yang banyak disukai orang.

Cendana mudah tumbuh di tanah yang panas dan kering. Cendana sendiri sebenarnya merupakan jenis tanaman parasit, yaitu membutuhkan inang untuk dapat tumbuh menjadi besar. Hal ini disebabkan oleh akar dari pohon cendana yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan kehidupannya. Karena hal inilah, maka pohon cendana tergolong sulit dikembangbiakkan, dan cukup jarang berada di pasaran. Namun tetap banyak diminati karena memiliki kualitas kayu yang sangat menjanjikan.

Cendana mengandung senyaw yang bernama @-santalol yang memiliki aktivitas sebagai antikanker. Secara tradsional kayunya dimanfaatkan sebagai antiseptik, obat disentri, mencret, dan radang usus. Cendana  juga baik digunakan pada penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah dan lemak. Selain itu Cendana memiliki sifat antioksidan dan mampu menghentikan virus influenza.

Biasanya bagian bagian tanaman Cendana yang digunakan sebagai obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana. Berikut ini khasiat obat herbal dari pohon cendana :

  1. Anti peradangan
  2. Mencegah disentri dan gangguan pencernaan lain
  3. Dapat menjadi pembersih pada saat menstruasi

Cara mengolah daun cendana untuk Obat Herbal

Giling atau blender kulit kayu cendana hingga menjadi halus
Seduh hasil gilingan kulit kayu cendana dengan air panas
Tunggu beberapa saat hingga airnya berubah warna, lalu saring
Minumlah air hasil saringan bubuk kulit kayu cendana tersebut.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...