Home / Apotik Hidup / Khasiat Tanaman Obat Baru Cina

Khasiat Tanaman Obat Baru Cina

Tanaman Artemisia vulgaris termasuk dalam keluarga Compositeae. Tanaman ini memiliki nama lokal  tanaman baru cina, daun manis, brobos, krebo, Beunghar Kucicing, jukut lokot mala, suket gajahan, kolo, goro-goro cina, daun sudamala, cam cao.

Berambut halus, tegak, tinggi mencapai 1 m, berbau tajam, menyenangi tanah yang cukup lembab dan tanah yang kaya humus, tumbuh liar di hutan dan di ladang. jenis yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat. Artemisia argyi Levl. et. Vant. Tanaman ini terdapat sampai 3.000 m di atas permukaan laut, berasal dari Cina. Tanaman ini merupakan herba setengah berkayu, percabangan banyak, beralur dan berambut. Daun berbentuk bulat-telur dengan tepi berbagi menjari ujung meruncing, kedua permukaan daun berambut halus. Warna daun hijau, di bagian bawah warna lebih putih, duduk berseling. Bunga merupakan bunga majemuk, kecil-kecil, warna kuning muda berbentuk bonggol tersusun dalam rangkaian berbentuk malai yang tumbuh menunduk, keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai. Perbanyakan dapat dengan stek atau biji.

Adapun kandungan dari tanaman ini adalah antibiotik polacetylenes, beta-karoten, flavonoid (quercetin), hydroxycoumarins, inulin, kalsium, minyak atsiri (mengandung terpena terpenes dan turunannya, seperti borneol, cineol, kamper, linalool, thujone, dll), resin, seng serat silika, tannin, dan vitamin C.

Cara pemakaian tanaman ini pada umumnya dengan merebus seluruh bagian tanaman sebanyak 10-30 gram kemudian air rebusannya diminum. Dapat juga dibuat dalam bentuk tablet, suntikan, minyak, dan aerosol.

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

  1. Badan lemas sehabis melahirkan : Pohon baru cina 4 pohon, rebus dalam 6 gelas air sampai tersisa2 gelas. Diminum sehari 2 kali 1 gelas sebelum makan.
  2. Lemah syahwat :  Biji barucina 15 – 45 grdigiling halus, makan.
  3. Ayan (epilepsi) : Segenggam akar artemisia tambah 1 ibu jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi duagelas. Sehari 2 kali 1 gelas.
  4. Sakit tenggorokan : Herba segar ditumbuk, peras, minum airnya.
  5. Disentri : Barucina tambah jahe segar,direbus sampai kental, minum 3x.
  6. Menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada saat menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur : Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum.
  7. Mencegah keguguran, pergerakan janin berlebihan : Tanaman 10 – 30 gr, rebus, minum
  8. Mempermudah persalinan, susah punya anak : Tanaman10 – 30gr, rebus, minum.
  9. Muntah darah (haematemesis), mimisan (epistaxis), pendarahan usus (rectalhaemorrhagia)

Catatan: Bagi yang tidak cocok, minum rebusan Artemisia argyi mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret, dan pusing. Gejala ini dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak daun Artemisia argyi.

Check Also

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

SI HITAM SAHABAT PEROKOK

Cokelat ,siapa saja pasti suka coklat yaaa, mulai anak kecil sampai orang dewasa. Cokelat mempunyai beberapa ...

...