Home / Apotik Hidup / Khasiat Tanaman Obat Jotang

Khasiat Tanaman Obat Jotang

Jotang, getang atau Gulang ( Acmella paniculata ) adalah sejenis tumbuhan, kebanyakan ditemukan di alam liar sebagai gulma di tempat-tempat basah, anggota suku Asteraceae. Bunga-bunga kuning rasa cukup pedas dan digunakan sebagai obat sakit gigi. Tanaman ini juga dikenal dengan nama lain seperti : gatang ( Mink. ) ; daun lada ( Mly. ) ; jotang huma ( Sd. ) ; gletang, legetan, Srunen, krisan sapi ( Jw. ) ; tikus – karat ( Md ) dan baga ( Ternate ).

Di Jawa Barat, jotang digemari sebagai sayur lalapan mentah ataupun direbus dulu. Bongkol bunganya mengeluarkan semacam rasa pedas agak getir apabila dikunyah, menimbulkan rasa baal di lidah dan merangsang keluarnya air liur. Dalam pengobatan tradisional bongkol bunga jotang disebut kembang sariawan dan digunakan untuk mengobati sariawan mulut. Sebagaimana kerabatnya di Amerika Selatan, Acmella oleracea, bongkol jotang juga dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi.

Bunga Jotang memiliki khasiat obat diantaranya; Menyembuhkan sariawan dan menghilangkan bau mulut, mengatasi bibir pecah-pecah dan kering, melegakan sistem pernafasan / obat alami sesak nafas dan juga mengobati sakit gigi serta nyeri yang ditimbulkannya.

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...