Home / Artikel Kesehatan / Makan Apel dan Tomat Setiap Hari Hentikan Kehilangan otot (Atrofi)

Makan Apel dan Tomat Setiap Hari Hentikan Kehilangan otot (Atrofi)

Hilangnya otot (atrofi otot) adalah sesuatu yang dapat terjadi pada setiap dari kita, bahkan ketika kita menjalani kehidupan yang sangat sadar akan  kesehatan. Penelitian terbaru telah menemukan sebuah pemicu biologis  kehilangan otot, dan dua senyawa yang dapat menghentikan itu .

Dan ini berarti bahwa orang-orang yang rentan terhadap kehilangan otot, seperti para orang tua, sekarang dapat mencegah kelemahan otot tubuh dengan cara pengaturan dari dalam, dan bahkan mungkin dapat mengembalikan otot seperti sedia kala.

Sebagai mana kita ketahui bahwa usia tubuh kita sangat berpengaruh pada kekuatan otot, mereka menjadi rentan terhadap melemahnya otot. Meskipun ini adalah proses alami dari penuaan, itu dapat menjadikan  orang-orang lebih rentan terhadap cedera serius, seperti patah tulang karena jatuh (ini juga bisa hasil dari kehilangan tulang karena keropos).

Menurut WebMD, otot terus tumbuh lebih besar dan lebih kuat dari saat kelahiran sampai sekitar usia 30. Orang bisa kehilangan sebanyak 3 sampai 5 persen dari massa otot mereka setiap 10 tahun setelah ulang tahun 30 mereka. Setelah usia 75, atrofi cenderung lebih cepat.

melemahnya otot dapat membuat hidup lebih sulit dan kurang menyenangkan ketika kita mencapai usia senja, sebagai hilangnya kekuatan, kelincahan dan stamina dapat mencegah kita untuk melakukan hal-hal indah seperti berkebun, atau berjalan kaki, bahkan hanya berjalan dapat menjadi tugas yang berbahaya ketika kelemahan otot hadir.

Meskipun atrofi otot seiring bertambahnya usia adalah proses alami, sebuah studi baru telah menunjukkan bahwa ini sama sekali tidak perlu terjadi. Bahkan, satu perubahan pola makan sederhana dapat menghentikan kehilangan otot dari terjadi atau menjaga dari memburuknya atrofi jika sudah berlangsung.

Apel dan Tomat Hijau Bisa Menghentikan Kehilangan Otot

Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa kunci untuk menghentikan dan bahkan mengembalikan kehilangan otot terletak dalam dua buah yang sangat umum dan mudah ditemui yaitu  apel dan tomat hijau.

Dengan memakan dua buah ini setiap hari, Anda dapat menjaga otot Anda kuat dan sehat dalam jangka waktu yang panjang, terlepas dari seberapa tua usia Anda. Siapa sangka sepotong irisan apel dan tomat hijau bisa begitu kuat?

Cara Kerja: Asam ursolat dan Tomatidine

Sebuah tim peneliti dari University of Iowa menemukan bahwa dua senyawa ini tampaknya memiliki efek menghambat pada ATF4, faktor genetik transkripsi bertanggung jawab terkait melemahnya otot. Asam ursolat terdapat dalam kulit apel, dan tomatidine di tomat hijau.Kedua zat ini dapat bertindak sebagai saklar membunuh ekspresi ATF4

Temuan yang dipublikasikan secara online 3 September dalam Journal of Biological Chemistry, bisa menyebabkan terapi baru untuk kelemahan otot yang berkaitan dengan usia dan atrofi.

Para peneliti menemukan bahwa setelah dua bulan terus menjaga asupan  asam ursolat dan tomatidine ditambahkan ke dalam diet mereka, subjek tikus menunjukkan peningkatan yang signifikan di kedua massa otot dan kekuatan otot, dengan massa meningkat 10 persen dan kekuatan meningkat sebesar 30 persen.

Sumber: http://www.healthyandnaturalworld.com/keep-muscles-strong-by-eating-apples-and-tomatoes/

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...