Home / Artikel Kesehatan / Mampu Kontrol Gula Darah, Kacang Hijau Jadi Sahabat Penderita Diabetes

Mampu Kontrol Gula Darah, Kacang Hijau Jadi Sahabat Penderita Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Baik penyandang Diabetes tipe 1 maupun tipe 2, sangat penting untuk melakukan perencanaan makan dan berolahraga. Untuk Diabetes tipe 1 dan beberapa Diabetes tipe 2, diperlukan juga suntikan insulin. Untuk sebagian penyandang Diabetes tipe 2, diperlukan obat oral (obat minum) agar membantu tubuh untuk membuat insulin lebih banyak dan atau membantu membuat insulin bekerja dengan lebih baik.

Kadang penyandang Diabetes tipe 2 dapat mengontrol gula darahnya tanpa obat, hanya dengan pengaturan pola makan dan berolah raga secara teratur.

Salah satu makanan yang dapat digunakan untuk mengontrol diabetes adalah kacang hijau. Kacang hijau kaya serat dan nutrisi. Hal ini juga rendah tingkat glikemik, sehingga ideal untuk diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Lebih dari itu, kacang hijau juga dapat mencegah kenaikan kadar gula darah. Kacang hijau mampu mengurangi tingkat gula darah dan memperkuat insulin serta mengurangi penyakit kardiovaskular.

Cobalah untuk menjadikan Kacang hijau sebagai menu makanan Anda dengan cara membuat bubur kacang hijau (tentunya tanpa tambahan gula) atau dapat juga menambahkan kecambah kacang hijau pada masakan Anda.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...