Home / Apotik Hidup / Manfaat dan Khasiat Dahsyat Buni (Antidesma bunius) Bagi Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Dahsyat Buni (Antidesma bunius) Bagi Kesehatan

BUNI (Antidesma bunius (L.) Spreng.) adalah pohon penghasil buah yang dapat dimakan. Buah buni kecil-kecil berwarna merah, dan tersusun dalam satu tangkai panjang, menyerupai rantai (ranti). Buni termasuk tumbuhan yang sudah jarang dijumpai di pekarangan. Buahnya dapat dimakan sebagai buah meja, dibuat selai, atau difermentasi menjadi minuman alkohol di Filipina dan Jawa. Nama-nama lainnya ialah Boni, Huni (Sunda), Wuni (Jawa), Bignai (Filipina). Nama lokal ialah Baruna, Huni, H. Gedeh, H. Wera, Burneh (Madura), Katakuti, Kutikata (Maluku), Bune Tedong (Makassar), dan U Ye Cah (China).

Buah buni memiliki gizi dan fitonutrien–nya yang tinggi. Buah Buni mengandung banyak nutrisi seperti Vitamin C, Provitamin A (karotenoid), Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium dan serat-serat, Alkaloida dan Friendelin.

Pohon buni umumnya memiliki tinggi sekitar 15-30 meter. Buah buni kecil-kecil dan berukuran sekitar 1 cm, bentuknya elips, berwarna hijau, tetapi apabila telah masak warnanya berubah menjadi ungu kehitaman. Buah buni ini memiliki rasa yang manis sedikit asam.

Daun buni muda rasanya sedikit asam. Namun, dapat disayur atau dimakan mentah sebagai lalab. Buah buni muda bisa dirujak dengan buah lain. Sementara itu, buah buni yang masak bisa dimakan langsung, diekstrak dengan brandi, dibuat selai ataupun sirop. Para pembuat jamu menyebut daun buni sebagai mojar. Biasanya mereka memakai daun buni untuk campuran ramuan jamu kesehatan.

CARA MENDAPATKAN BUNI

Perbanyaklah dengan menanam biji atau teknik okulasi. Pohon buni tersebar di Asia Tenggara dan Australia, sedangkan di Jawa tumbuh liar di hutan atau ditanam di halaman dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.400 m dpl. Cara perawatannya ialah dengan melakukan pemupukan, pengendalian hama dan gulma, serta penyiraman air yang cukup. Tanaman buni dapat diperoleh di Unit Konservasi Budaya Biofarmaka LPPM IPB.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN

Daun, buah.

KHASIAT BUNI

  1. Untuk Kesehatan Mata
    Sepeti wortel, buah buni ini juga mampu menjaga mata kita agar tetap sehat karena kandungan provitamin A yang terkandung didalam buah buni sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mecegah terjadinya mata rabut dini.
  2. Memperlancar Saluran Pencernaan
    Buah buni yang kaya akan serat sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang mengalami masalah pencernaan, penyebab saluran pencernaan tidak lancar adalah karena tubuh kekurang serat, sehingga tidak lancar, mengkonsumsi buah buni dengan teratur akan membantu mengisi kekurang serat didalam tubuh sehingga masalah pencernaan dapat teratasi.
  3. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Buah buni yang kaya akan gizi sangat bagus untuk tubuh dapat mejaga kekebalan tubuh dan dapat sebagai antioksidan tubuh, mengkonsumsi buah buni saat sesudah selesai melakukan kerja keras atau berat sangat cocok, karena mampu menyegarkan.
  4. Mengobati Bisul Dan Gatal Gatal
    Caranya hancurkan/tumbuk buah buni sampai halus kemudian usapkan pada bagian yang luka atau gatal gatal.

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...