Home / Wanita / Manfaat Kantong Silika Gel, Mulai Menghilangkan Kabut di Kaca Mobil Sampai Mengawetkan Foto

Manfaat Kantong Silika Gel, Mulai Menghilangkan Kabut di Kaca Mobil Sampai Mengawetkan Foto

Kantong silika gel sering kita temukan di kotak sepatu biasanya berakhir di tempat sampah, hanya karena kita sering dengar orang bilang ia beracun dan menganggapnya sudah tidak berguna.

Namun, sebenarnya tidak ada racun apapun di dalamnya. Kantung ini silika gel ini penuh dengan zat yang disebut silikon dioksida yang tidak boleh dimakan tapi bisa sangat berguna di sekitar rumah. Silika gel bermanfaat untuk menyerap kelembaban disekitarnya, sehingga mencegah bahan menjadi rusak dan mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri.

Sebenarnya benda ini sama sekali tidak berbahaya karena Food and Drug Administration (FDA) Amerika, yaitu suatu badan yang mengawasi peredaran obat dan makanan disana mengklasifikasikan silika gel ini ke dalam kategori aman atau Generally Recognized as Safe (GRAS). Lalu mengapa di setiap kemasannya selalu ada peringatan tanda bahaya? Memang tidak disarankan untuk memakan atau sekadar memainkan benda ini karena sifatnya yang mudah menyerap zat-zat di sekitarnya sehingga kita tidak tahu pasti zat apa saja yang sudah terkandung di dalamnya. Jika benda ini sampai tertelan, dapat menyebabkan mata kering, iritasi pada tenggorokan atau selaput lendir lain, dan juga rasa tidak nyaman di perut. Benda ini juga dapat menyebabkan tersedak. Jika itu terjadi, maka silika gel harus segera dikeluarkan. Namun jika sudah tertelan, maka sebaiknya minumlah air putih yang banyak karena zat ini bersifat menyerap cairan sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

Berikut adalah bagaimana cara memanfaatkan kantung silika gel.

– Letakkan di dalam tas olahraga

Tujuan utama diletakkan dalam  tas olahraga adalah untuk menyerap kelembaban ekstra dan menjaga sepatu Anda agar tidak lembab. Bakteri sebagian besar berkembang dalam lingkungan lembab, sehingga silika gel dapat membantu Anda menghilangkan kelembaban dan kuman dari tas olahraga Anda. Mereka juga dapat menghilangkan bau busuk.

– Tempatkan di antara tumpukkan handuk

Mencegah handuk Anda dari bau tidak eak karena terlalu lembab. Tempatkan beberapa kanktung silika gel ini dalam lemari handuk Anda.

– Membuat pisau cukur Anda bertahan lebih lama

Alih-alih meninggalkan pisau cukur Anda di dalam bak mandi di mana tempat itu selalu basah, letakkan pisau cukur dalam wadah plastik dengan beberapa kantung silika gel di dalamnya. Ini akan membuat pisau cukur Anda tak mudah berkarat dan tahan lebih lama.

– Solusi untuk Handphone  yang  tenggelam dalam air

Ketika HP Anda secara tidak sengaja jatuh ke dalam air dan terlanjur basah, maka daripada memasukkannya ke dalam toples berisi beras, mengapa tidak mencoba dengan kantung silika gel. Isi botol dengan kantung silika gel dan tempatkan HP atau ponsel Anda didalamnya, itu akan jauh lebih efektif menyerap sisa air di dalamnya.

– Membuat Jendela mobil agar tidak berkabut

Jendela mobil berkabut menyebabkan banyak masalah terutama di musim hujan ini. Ini berlaku untuk semua pengemudi mobil di luar sana. Daripada menyalakan AC untuk mengusir kabut di kaca mobil, yang pada model mobil tua dapat berarti mengambil waktu selamanya, Letakkan saja beberapa kantung silika gel di bawah kaca depan mobil Anda dari dalam. Anda akan melihat keesokan harinya  jendela mobil Anda tidak akan berkabut lagi. Ini adalah cara tercepat untuk mencegah jendela Anda dari kabut dan Anda akan menghemat 10 menit waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil Anda.

– Agar foto-foto lama Anda tetap awet

Foto-foto lama biasanya rusak bila disimpan terlalu lama. Sayang bila foto-foto itu menjadi rusak karena mereka adalah satu-satunya pengingat dari masa lalu kita. Masukan beberapa kantung silika gel dalam kotak penyimpanan foto-foto lama untuk menyelamatkan mereka dari kelembaban yang bisa merusaknya.

– Menyimpan make up agar lebih awet

Setiap wanita harus memiliki satu atau dua kantong silika gel dalam tasnya  untuk mencegah produk kosmetika mereka terutama yang berbentuk serbuk jadi menggumpal.

Ini baru sebagian kecil penggunaan kantung silika gel dalam kehidupan sehari-hari, mungkin di antara pembaca memiliki ide yang lebih baik dan kreatif.

http://www.mrhealthylife.com/after-reading-this-youll-never-throw-away-these-bags-again-5-is-my-favorite/

Check Also

PROMIL BERHASIL SETELAH MEMINUM SUSU KAMBING KURMA DAN MADU

PROGRAM HAMIL BERHASIL SETELAH MEMINUM SUSU KAMBING, KURMA DAN MADU

Kali ini kita akan membahas tentang mix antara susu kambing, kurma dan madu,kebayang gak gimana ...

...