Home / Wanita / Manfaat Lumpur Putih Untuk Kecantikan Kulit dan Cara Pakainya

Manfaat Lumpur Putih Untuk Kecantikan Kulit dan Cara Pakainya

Lumpur bisa bikin wajah cantik dan mengobati penyakit? Hmm, kedengarannya aneh memang. Sebab kebanyakan orang menganggap bahwa lumpur merupakan sesuatu yang kotor dan jorok. Namun, siapa sangka kalau ternyata lumpur memiliki khasiat luar biasa bagi dunia kesehatan dan kecantikan? Tak heran, kini banyak sekali salon kecantikan yang menawarkan perawatan berbahan dasar lumpur.

Akan tetapi, lumpur yang dipakai bukan sembarang lumpur, lho, melainkan lumpur putih yang berasal dari Laut Mati. Menurut ahli kecantikan, lumpur putih atau clay white ini kaya akan mineral. Di antara mineral tersebut yaitu garam, kalsium, oksigen, dan zinc oxide. Wah, wah. Apa saja, sih, manfaat ajaib dari lumpur putih bagi kesehatan dan kecantikan?

Manfaat Lumpur Putih (Clay White) Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit

Lumpur memang dikenal sebagai obat paling mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Misalnya saja, eksim, rosacea (kemerahan pada wajah mirip jerawat), sekaligus psoriasis (kulit bersisik). Mandi dengan menggunakan lumpur hangat katanya juga bisa mengobati arthritis,lho, alias peradangan pada sendi yang disertai dengan rasa ngilu dan bengkak. Tak hanya itu, apabila dicampur air dan dioleskan ke kulit, lumpur putih mampu menghilangkan bakteri dan racun yang terdapat pada permukaan kulit maupun pori-pori. Luar biasa!

2. Menstimulasi Pertumbuhan Sel-Sel Kulit

Seorang ahli dermatologi asal Amerika, Dr. Makala Anders, mengatakan bahwa beberapa orang bahkan mau repot-repot mandi dengan  lumpur demi alasan kecantikan. Beliau berkata, “Mineral yang terkandung di dalam lumpur dapat menstimulasi sel-sel kulit sehingga kulit menjadi sehat bercahaya.” Di samping itu, kandungan garam tinggi, kalsium, oksigen, serta zin oxide-nya ternyata bisa memutihkan kulit. Keren!

3. Memungkinkan Sel Kulit Memperoleh Oksigen Lebih Banyak

Salah satu mineral yang terkandung dalam lumpur putih adalah oksigen. Lumpur putih memungkinkan sel kulit memperoleh oksigen lebih banyak karena mempunyai kemampuan untuk mengurangi kelebihan hidrogen, sekaligus menggantikannya dengan oksigen. Jika sel memiliki lebih banyak oksigen, tubuh akan menjadi jauh lebih berenergi.

4. Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati

Lumpur putih yang digunakan untuk masker mampu mengelupas sel kulit mati pada kulit. Jika dioleskan pada kulit wajah secara teratur, teksturnya akan mengering sehingga mudah untuk dikelupas. Akibatnya, sel-sel kulit mati pun ikut terbawa sehingga kulit tampak lebih sehat dan cerah.

5. Melembapkan dan Mengencangkan Kulit

Seolah keempat khasiat di atas itu masih belum cukup, ternyata lumpur putih yang digunakan sebagai masker mampu menjadi pelembap alami bagi kulit wajah. Kandungan mineral di dalam lumpur mampu menyerap minyak yang terjebak dalam pori-pori kulit. Dengan demikian, kulit wajah pun menjadi sehat dan kencang.

Cara dan Tips Pemakaian Lumpur Putih (Clay White) Pada Wajah

Masker lumpur untuk wajah ada dua macam, yaitu berbentuk bubuk dan cair. Jika berbentuk bubuk, sebelum digunakan dicampur dulu dengan air hangat, lalu aduk dengan cepat.  Jika masker lumpur berbentuk cair, hangatkan di dalam panci berisi air panas, atau bisa juga di dalam microwave selama 1-2 menit.  Segera bubuhkan masker merata pada wajah yang telah dibersihkan dengan cleansing milk dan toner, lalu diamkan beberapa waktu (15-20 menit) sampai lumpur kering. Uapi wajah dengan uap air panas, lalu bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.

Cara Pemakaian Lumpur Putih (Clay White) Pada Tubuh

Pastikan tubuh dalam keadaan bersih dan lembap. Oleskan lumpur (bisa menggunakan kuas) ke  seluruh bagian tubuh, lalu diamkan hingga lumpur mengering. Bersihkan tubuh dengan handuk basah hangat. Jika memiliki steamer, uapi tubuh di dalam steamer. Alternatif lain, berendam  di dalam air hangat yang diberi garam laut, selama 15 menit. Ganti air rendaman dengan campuran air hangat dan minyak esensial (tahap ini berguna untuk mengembalikan metabolisme tubuh ke kondisi semula), lalu berendam lagi selama 15 menit. Terakhir, bilas tubuh dengan air dingin.

Nah, itu tadi adalah khasiat lumpur putih bagi kesehatan dan kecantikan, serta cara mengaplikasikannya pada kulit wajah dan tubuh. Semoga bermanfaat.

Check Also

PROMIL BERHASIL SETELAH MEMINUM SUSU KAMBING KURMA DAN MADU

PROGRAM HAMIL BERHASIL SETELAH MEMINUM SUSU KAMBING, KURMA DAN MADU

Kali ini kita akan membahas tentang mix antara susu kambing, kurma dan madu,kebayang gak gimana ...

...