Home / Religi / Membongkar Ilmu Merapikan dan Gigi Kuat Suku Bugis ,Panetta Isi ,Coba dan Buktikan!

Membongkar Ilmu Merapikan dan Gigi Kuat Suku Bugis ,Panetta Isi ,Coba dan Buktikan!

Banyak diantara kami dahulu saat berkunjung ke Sulawesi selatan,tepatnya didaerah Belawa (suku bugis) , heran melihat Nenek dan kakek kami mempunyai gigi yang rapi dan terlihat kuat serta bersih, sempat saya menanyakan apa tips dan rahasia, mengapa gigi mereka bisa rapi dan kuat sampai umur sudah lanjut. Jawaban mereka sederhana yakni mereka memakai ilmu “PANETTA ISI” ( Bugis: merapikan susunan gigi ).

Orang-orang tua di Bugis yang sudah diatas 60-an tahun, namun gigi-giginya masih baik, maka besar kemungkinan ia mempunyai ilmu PANETTA ISI *(Merapikan susunan gigi). Ilmu tradisional yang bermanfaat untuk merapikan susunan gigi, dan membuat gigi lebih tahan lama. Panetta, pada dasarnya berarti merapatkan sesuatu ditempatnya. Kata “Panetta” digunakan pada :

1.) Memasukkan bilah badik/keris/kelewang/parang pada gagangnya agar rapat dan,

2.) Merapatkan susunan gigi agar teratur dan tahan lama. Secara fungsional, PANETTA ISI mirip dengan fungsi Behel/ kawat gigi.  Sama sama bertujuan untuk merapikan susunan gigi. Meskipun PANETTA ISI ini mengandung unsur tradisi sedang Behel adalah produksi sains murni. Biasanya dalam Mappanetta’ isi digunakan sarung yang dilipat beberapa kali. Kemudian, tangan kanan dan kiri masing-masing memegang ujung sarung tersebut.

PANETTA ISI dilakukan dengan cara Menggigit sarung yang telah dilipat, digigit dalam beberapa saat, kemudian gigitan pun dilepaskan. Kebiasaan ini dilakukan saat pagi, setelah bangun tidur. PANETTA ISI, tidak membutuhkan biaya mahal layaknya behel. Juga tidak membutuhkan yang sekolah tinggi untuk mempraktekkannya. Hanya dibutuhkan konsistensi dan kerendahan hati dalam pelaksanaannya. Bahwa kesederhanaan pengetahuan masa lalu telah terbukti pada beberapa orang-orang tua yang masih hidup hari ini. Yaitu gigi yang kuat dan bersusun teratur.

CARA MELAKUKAN PANETTA ISI

Begini kira-kira caranya bangun tidur sebelum kita aktifitas apapun, langsung ambil kain sarung, saputangan putar/pilin kain sarung/sapu tangan tadi dengan kuat /penuh. Lalu tarik antara ujung dengan ujung seperti digambar, gigitlah dengan sekuat tenaga dan tahan kira kira bebererapa detik, biasanya 30-60 detik.

Admin sempat mencoba dan memang terasa ngilu saat gigi dipaksa dengan kuat menggigit sesuatu saat bangun tidur,ternyata disitu syaraf dan otot daerah mulut menjadi berkembang lebih baik ,rasakan Manfaatnya dahsyat TERBUKTI. Silahkan dicoba, syaratnya harus rutin dilakukan.

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...