Home / Artikel Kesehatan / Minum Air Rendaman Kismis atau Kurma, Sehat Mengikuti Sunnah Nabi

Minum Air Rendaman Kismis atau Kurma, Sehat Mengikuti Sunnah Nabi

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang manfaat kesehatan dari Infused water, Sassy Water, dan air Alkali. Siapa diantara Pembaca yang pernah mendengar tentang Air Nabeez?

Air Nabeez adalah air rendaman (infused water) buah kurma atau kismis. Kurma atau kismis direndam semalaman dalam air masak di dalam wadah tertutup, dan diminum keesokkan paginya.

Air Nabeez merupakan minuman kesukaan Rasulullah Saw, dalam sebuah hadits disebutkan bagaimana cara membuat minuman kesukaan Nabi ini.

Salah satunya riwayat dari Imam Muslim sebagai berikut :

Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang budak wanita asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat nabeez untuk Rasulullah SAW,” tambahnya.

Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau SAW meminumnya.”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah SAW di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)

Manfaat Air Nabeez

Air ini merupakan minuman berakali yang mampu menolong menetralkan keasaman berlebihan dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh. Ia juga berfungsi dalam membantu menyingkirkan bahan-bahan racun dari tubuh. Karena Air Nabeez ini tinggi dengan serat buah serta nutrisi penting, karena itu mampu membantu proses pencernaan yang baik serta meningkatkan dan mempetajam daya pikir. Selain itu, air ini juga dikatakan bagus untuk penderita Arthritis dan Gout, karena ia membantu menetralkan asam urat pada pasien Gout.

Cara Membuat Air Nabeez

Rendam beberapa biji kurma atau kismis (lebih utama dan baik dalam jumlah ganjil) ke dalam air masak dingin di dalam teko air atau gelas. Sebaiknya dilakukan pada waktu sore atau malam, dan pastikan teko air atau gelas itu tertutup.

Keesokan paginya (sekitar 8 – 12 jam setelah direndam), air itu bisa diminum dan buah kurma yang telah lembut itu dapat dimakan begitu saja.

Kismis yang digunakan kismis Manaqqa sedangkan Kurma yang digunakan sebaiknya adalah kurma Ajwa. Namun, jika tidak,  jenis kurma lain yang ada dapat digunakan seperti Sekki, Barhi dan dan sebagainya.

Air Nabeez dapat diminum begitu saja atau bisa diblender bersama isinya sebelum diminum. Air tersebut juga dapat dimodifikasi dan ditambah dengan susu atau yogurt untuk dijadikan sebagai smoothie, menurut selera masing-masing orang.

CATATAN:

– Membuat air Nabees hanya gunakan salah satu jenis dari buah-buahan tersebut dalam satu waktu. Tidak boleh mencampur buah kurma dan kismis untuk membuat Air Nabeez. Jika menginginkan air dari kedua buah, letakkan dalam wadah yang terpisah.

– Air Nabeez jika disimpan di dalam lemari es bisa bertahan selama 1 sampai 2 hari. Jangan minum air rendaman kurma atau kismis ketika telah memasuki hari 2 – 3. Karena air rendaman tersebut yang telah mengalami proses fermentasi, sekaligus menjadikannya sedang dalam proses menjadi arak dan haram diminum.

– Idealnya Air Nabeez dibuat segar setiap hari.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...