Home / Artikel Kesehatan / Nyeri Bahu dan Punggung Parah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer

Nyeri Bahu dan Punggung Parah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer

Bekerja di depan komputer terdengar seperti pekerjaan yang sangat santai. Bagaimana tidak demikian, Anda tinggal duduk dengan secangkir kopi di sisi kiri dan tangan kanan memegang mouse kemudian klak-klik sana-sini. Tapi siapa sangka posisi duduk yang tampak nyaman ini ternyata dapat menyebabkan nyeri di bahu, punggung, pinggang, dan leher yang parah.

Persendian di area tubuh trsebut mengalami inflamasi atau peradangan karena posisi yang menetap dalam jangka waktu yang lama. Keluhan rasa nyeri tersebut akan timbul apabila posisi yang menetap dalam jangka lama terulang kembali. Tak hanya persendian, dapat juga yang terjadi adalah nyeri otot bahu dan punggung. Nyeri otot ini terjadi akibat digunakan berulang (repetitif) dalam waktu lama, digunakan dalam posisi yang salah dalam waktu lama.

Keluhan persendian ataupun otot ini akan semakin parah jika Kita duduk berjam-jam, misalnya bekerja menghadap komputer, apalagi para gamer yang dapat menghabiskan seharian di depan komputer.

Meskipun berdampak pada kesehatan, bukan berarti kita harus mengurangi jam kerja yang berakibat menurunnya produktivitas kerja. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama antara lain:

– Banyak minum air putih, hal ini dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh. Selain itu, langkah ini juga menyiasati agar kita dapat beraktivitas fisik ringan seperti berjalan saat mengambil air minum.

– Lakukan peregangan tiap 30 menit, kegiatan ini untuk mengurangi resiko sakit punggung.  Gerakannya bisa meniru gerakan – senam atau cukup berjalan keliling ruangan.

– Gunakan kursi yang nyaman, tempat duduk yang nyaman atau ergonomis harus bisa menopang rangka tubuh dalam posisi yang natural, sehingga tidak ada beban berlebih di satu titik.Nyeri Bahu dan Punggung Parah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer– Kendurkan otot secara berkala. Para ahli kesehatan menyarankan agar disela-sela mengetik, sekali waktu tangan harus diistirahatkan dengan memindahkannya dari keyboard ke pangkuan selama beberapa detik atau sesekali angkat bahu lalu turunkan lagi dan ulangi beberapa kali.

Gambar berikut adalah petunjuk peregangan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko nyeri sendi atau otot karena duduk terlalu lama.

Nyeri Bahu dan Punggung Parah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...