Home / Resep Ramuan Herbal / Sarabba Minuman Jahe Tradisional Anti Flu, Khas Sulawesi Selatan

Sarabba Minuman Jahe Tradisional Anti Flu, Khas Sulawesi Selatan

Di Sulawesi Selatan, Indonesia, sarabba adalah minuman tradisional dari Bugis Makassar. Selain sangat cocok untuk diminum saat cuaca dingin atau di musim hujan, minuman ini memiliki berbagai manfaat kesehatan antara lain untuk meningkatkan stamina, dan untuk melawan pilek dan flu.

Masyarakat Sulawesi selatan sejak jaman dulu mempunyai cara tersendiri untuk menambah stamina setelah lelah bekerja yaitu menggunakan minuman pedas bernama “sarabba”. Minuman ini terkenal sampai ke pelosok desa, biasanya sarabba mudah kita temui pada saat acara kumpul – kumpul di malam hari seperti persiapan melakukan pesta di suatu tempat. Rasanya walaupun sedikit pedas tetapi aroma dan rasanya selalu menggoda untuk diminum.

Tidak ada asal usul yang jelas mengenai minuman sarabba ini kapan mulai digemari oleh masyarakat suku bugis. Minuman sarabba sudah sangat terkenal bahkan banyak hotel di Makassar yang memasukkan sarabba ke dalam menunya.Ada yang mengatakan bahwa minuman ini berasal dari arab Saudi, tetapi darimana pun asalnya minuman ini telah menjadi kuliner wajib dicicipi saat berkunjung ke Sulawesi selatan.

Cara Membuat Minuman Sarabba

5 Gelas Air bersih

250 gr jahe

250 gr gula merah

2 batang kayu manis

2 butir kuning telur ayam kampung,

200 ml santan kental

1/2 sdt merica bubuk

Cara:

Rebus air bersama dengan gula aren,  lalu diaduk agar gula arennya cepat larut dan tercampur rata, agar lebih mudah serut gula aren. Masukkan Kayu manis dan jahe yang sudah dicuci bersih dan di memarkan dengan cara di pukul-pukul. Rebus hingga sari jahe dan kayu manis telah keluar dan bercampur rata dengan air gula. Kecilkan api, lalu masukkan santan lalu aduk perlahan agar santannya tidak pecah, tunggu hingga benar-benar mendidih. Tambahkan sedikit merica dan kuning telur aduk cepat. Angkat lalu saring dari ampas jahe dan kayu manis yang tidak hancur. Sajikan dalam gelas. Sarabba nikmat diminum saat hangat.

Sarabba mengandung banyak manfaat, herbal jahe dan kayumanisnya dapat mengobati peradangan, gangguan pencernaan seperti kembung dan mual. Sedangkan Gula merah, santan dan telur dapat memberikan energi yang baik apalagi bagi mereka yang sedang menderita sakit Flu dan berbagai gejalanya.

Check Also

5 Ramuan Obat Alami Untuk Asam Urat Terkuat

Asam urat sebenarnya adalah zat alami yang dihasilkan tubuh. Asam urat dapat terbentuk akibat dari ...

...