Home / Artikel Kesehatan / Sarang Laba-Laba Hentikan Pendarahan dan Keringkan Luka dalam Hitungan Detik!

Sarang Laba-Laba Hentikan Pendarahan dan Keringkan Luka dalam Hitungan Detik!

Biasanya saat bersih-bersih rumah, kita akan membersihkan sarang laba-laba yang ada di langit-langit rumah. Sarang laba-laba dianggap mengotori rumah dan membuat pemandangan rumah menjadi terganggu. Namun, saya teringat ketika masih kecil dulu. Waktu itu saya bermain masak-masakan menggunakan pisau dapur ibu saya. Tanpa sengaja jari telunjuk saya teriris dan mengeluarkan darah. Melihat itu ibu saya segera naik ke atas kursi dan meraih sarang laba-laba di pojok langit-langit rumah, lalu segera menempelkannya ke luka di tangan saya. Ajaib, dalam hitungan detik darah tak lagi keluar dari luka tadi, dan luka iris di telunjuk saya menutup dan mengering dengan cepat.

Menggunakan jaring laba-laba atau spider webs untuk mengobati luka telah dilakukan sejak zaman kuno. Orang-orang Yunani dan Romawi merawat tentara perangnya yang terluka menggunakan sarang laba-laba untuk menghentikan pendarahan. Meskipun Orang Yunani dan Romawi tahu sedikit tentang infeksi virus dan bakteri, melalui trial and error, mereka menemukan manfaat mengejutkan dari jaring laba-laba. Tentara-tentara itu bahkan menggunakan kombinasi dari madu dan cuka untuk membersihkan luka dalam dan kemudian menutupi keseluruhan luka dengan jaring laba-laba. Menakjubkan ya!

Menurut berbagai sumber, jaring laba-laba banyak mengandung zat yang mempercepat penyembuhan luka yaitu protein dan vitamin K. Dengan sifatnya yang biokompatibel, tidak beracun, serta mudah berikatan dengan sel-sel tubuh menjadikannya aman untuk digunakan pada tubuh mahkluk hidup lainnya termasuk manusia.

Para ahli Farmakologi di Universitas Wyoming Amerika Serikat memanfaatkan benang laba-laba Nephila sebagai benang jahit untuk operasi yang sangat sensitif, seperti: operasi-operasi pada tendon, operasi mata, atau jaringan syaraf.

Bahkan beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM sedang mengembangkan obat bernama Spidweb Gel yang terbuat dari sarang laba-laba, obat ini digunakan untuk pemulihan luka pasca operasi cabut gigi.

Jika Anda mendapat luka terbuka ringan Anda bisa menggunakan jaring laba-laba ini sebagai pengobatan darurat, caranya:

  • Cuci luka Anda dengan air bersih
  • Cari sarang laba-laba yang bersih, berwarna putih dan tidak terdapat serangga mati di sana.
  • Gumpalkan sarang laba-laba lalu tempelkan pada luka, tunggu beberapa detik, luka akan mengering dan darah berhenti keluar.
  • Sarang laba-laba akan mengering di luka Anda, jangan khawatir karena sarang laba-laba ini dapat hilang dengan menggunakan air hangat atau bahkan saat Anda mandi.
  • Pastikan sarang laba-laba yang Anda pakai bukan dari jenis yang beracun.

 

 

Check Also

Pisang Obat Saluran Pencernaan Dan Insomnia

Dalam Buah Pisang yang masak mengandung serotonin yang merupakan substansi kimia yang bermanfaat menekan sekresi ...

...