Home / Resep Ramuan Herbal / Ternyata Daun Pacar Henna Telah Digunakan Nabi Sebagai Obat

Ternyata Daun Pacar Henna Telah Digunakan Nabi Sebagai Obat

Henna  (Lawsonia inermis) daun pacar asli bisa didapat diberbagai daerah di Indonesia. Mungkin tidak banyak yang tahu, selain digunakan untuk kosmetika yaitu sebagai pewarna kuku dan kulit ternyata henna bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Henna sebagai Obat

Henna memiliki sifat sebagai obat juga. Ibnu Qayyim mengatakan, “Ketika sakit kepala dikala terik panas yang membakar, daun pacar atau henna leaves atau Lawsonia inermis memiliki manfaat yang sangat nyata. Bila ditumbuk dan diaplikasikan pada dahi sebagai ganti dengan cuka, ini bisa menenangkan sakit kepala. Tidak secara khusus untuk sakit kepala saja tetapi pada umumnya untuk semua anggota badan. Kalau ada yang mengeluh kepada dia tentang rasa sakit di kaki, dia mengatakan mereka ‘mengurapi diri dengan pacar’ (HR Abu Dawud, Tarajjul, 188, 19; Talaq 46).

Henna untuk obat Sakit Kepala Menahun.

– Ambil Daun Henna/ Serbuk Henna Secukupnya
– Campurkan dengan Air (Cuka lebih utama)
– Aduk hingga merata dan kental
– Bacakan Al-Fatihah, Ayat Kursi, Al-Ikhlas, Al-falaq, An-Naas
– Kemudian Tempelkan Henna ditempat yang sakit
– Jika khawatir luntur maka balutlah dengan kain

Insya Allah dengan izin Allah dapat menyembuhkan sakit kepala

Dalil-dalil Shahih tentang manfaat Henna

Salma, pembantu Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata : Setiap kali ada orang mengeluh sakit kepala kepada Rosululllah Shallallaahu ‘alaihi wasallam, Beliau selalu bersabda kepadanya : “Berbekamlah!” dan setiap kali ada orang mengeluh sakit pada kakinya, beliau selalu bersabda kepadanya : “balutlah dengan henna(inai)”. (Riwayat Ahmad 6/462, Abu Daud no.3858, At-Tirmidzi 6/213, Ibnu Majah no.3502, Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 4/206,407, Al-Baihaqi dalam Sunannya 9/339. Lihat As-Silsilah Ash-Shahihah no.2059).

Salma juga pernah menyatakan : “Aku pernah menjadi pembantu Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Setiap kali Beliau terkena infeksi (borok) atau luka, Beliau selalu menyuruhku membalutnya dengan henna (inai)”. (Riwayat At-Tirmidzi pada kitab Ath-Thibb, Bab At-Tadawi’ bil Hinna, no.2055 dan Ibnu Majah pada kitab Ath-Thibb, no.3502 dari Salma Ummu Rafi’, pembantu Rosulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Hadits ini hasan dengan syahid-syahidnya. Lihat As-Silsilah Ash-Shahihah no.2059).

Abu Hurairah menyatakan, bahwa apabila Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam sakit kepala, Beliau membungkus kepalanya dengan henna (inai). Dan Beliau pernah bersabda : “Sungguh ia bisa mengobati sakit kepala dengan izin Allah”. ( Riwayat Abu Nu’aim dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi, hal.45 dan 111, dan Al-Bazzar.Lihat At-Taqrib, hal.25)

Henna sangat manjur untuk mengatasi suhu panas yang membara tapi tidak cocok untuk mengatasi materi yang harus dikeluarkan. Henna mengandung zat astringent, bagian tubuh yang mengalami pembengkakan yang panas dan membara akan reda bila dibalut dengan henna. Henna memiliki karakter dingin sekali namun juga kering. Kekuatan pohon henna merupakan komposisi dari kekuatan yang berasal dari semacam unsur air yang panas dan stabil, dengan energy pengikat yang berasal dari unsur tanah yang dingin pula.

  • Berikut ini adalah tulisan dari Dr. Hussain al Rashidy, seorang dokter herbalis yang memiliki banyak pengalaman dalam menggunakan henna sebagai terapi thibbun nabawi. Selama bertahun-tahun saya menggunakan Henna tersebut sebagai obat setelah saya membaca hadits tentang hal ini dimana Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan semua orang yang terluka oleh duri atau memiliki borok di kakinya untuk meletakkan henna diatasnya. Setelah memiliki pengalaman bertahun-tahun kemudian saya menggelari tanaman Henna tersebut sebagai “ The Magic Plant”.

Check Also

Campuran Apel, Jahe Dan Lemon Ini Bersihkan Pencernaan Dan Lancarkan Sembelit

Pernahkah Anda mengalamai kemacetan di kamar mandi? Maksudnya Anda mengalami sembelit dan harus setengah mati ...

...