Home / Artikel Kesehatan / Tidak Suka Minum Susu? Ganti Sumber Kalsium Anda dengan 4 Makanan Berikut!

Tidak Suka Minum Susu? Ganti Sumber Kalsium Anda dengan 4 Makanan Berikut!

Susu menyehatkan tubuh. Itu tentu Anda sudah tahu. Selama ini susu dan produk olahannya dipandang sebagai sumber kalsium terbaik. Membantu pembentukan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis adalah ’tugas’ kalsium yang sudah lama dikenal. Karena itu, banyak orang yang selalu berusaha minum susu setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya.

Mendapatkan kalsium yang cukup sejak masa kecil hingga dewasa menolong membantu kesehatan tulang dan memperlambat kerusakan tulang seiring umur.Menkonsumsi kalsium dan produk dairy (susu & turunannya) dapat menurunkan resiko osteoporosis dan kanker colon/usus besar, tetapi mengkonsumsi kalsium dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan resiko kanker prostat dan kemungkinan kanker ovarium. Selain itu produk dairy tinggi kandungan saturated fat dan retinol (Vitamin A) yang bila dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat melemahkan tulang.

Banyak sekali sumber bahan makanan lain selain produk dairy yang kaya akan kalsium, selain mengkonsumsi suplemen Kasium dan Vitamin D. Vitamin D yang didapat secara langsung melalui sinar matahari pagi diperlukan agar tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik.

Apa saja contohnya bahan makanan kaya Kalsium selain produk dairy (susu & turunannya seperti keju, yogurt,dll) ?

1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam kaya akan kalsium. Ternyata hanya 1 cup bayam kandungan kalsiumnya 245 mg,  setara dengan segelas susu. Bokchoy dan brokoli juga pilihan yang baik.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond kaya akan kalsium, 1 cup almond mengandung 378 mg , jauh lebih tinggi dari segelas susu. Golongan beans seperti kacang merah juga kaya Kalsium.

3. Kacang kedelai

1 ounces/28 gr tahu mengandung 105 mg Kalsium. Sementara susu kedelai mengandung 200-500 mg Kalsium.

4. Ikan

Berbagai jenis ikan kaya Kalsium seperti salmon, sardine. 3 ounces/84 gr  ikan sardine mengandung 325 mg Kalsium.

Tips untuk membangun tulang yang kuat :

1. Batasi minum susu dan turunan produk dairy hanya 1-2 kali per hari (Atau maksimum 2 gelas susu per hari).

2. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya bahwa Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan membantu tubuh menyerap kalsium. Untuk yang kekurangan Vitamin D karena tinggal di negara 4 musim dengan musim dingin yang panjang, bisa cek darah untuk mengetahui status Defisiensi Vitamin D , sehingga bisa segera untuk konsumsi Suplemen VitaminD.

3. Tetap aktif.

Rutin berolahraga seperti jalan atau jogging sangat penting untuk membangun dan mempertahankan tulang yang kuat.

4. Batasi konsumsi retinol (Vitamin A).

Bacalah label kemasan makanan, banyak makanan/minuman seperti susu, snack, cereal yang difortifikasi Vitamin A. Kelebihan Vitamin A dapat melemahkan tulang.

5. Bantu anak-anak dalam membangun tulang yang kuat.

Masa Anak-anak hingga remaja adalah periode penting/puncak di mana tulang membangun kekuatannya. Kombinasi olahraga, cukup kalsium dan vitamin D dapat menolong mereka mempertahankan kekuatan tulang mereka hingga masa dewasa dan tua.

 

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...