Home / Artikel Kesehatan / Biji Jarak Sanggup Membunuh Hanya Dalam 2 Hari ,Awas!

Biji Jarak Sanggup Membunuh Hanya Dalam 2 Hari ,Awas!

Pernah melihat tanaman jarak ? Tanaman ini sebetulnya banyak ditemui di mana-mana karena selain tanaman ini paling tahan cuaca kering, mudah berkembang biak, juga biasanya ditanamn untuk menghias pagar.

beberapa daerah di indonesia mempunyai sebutan berbeda beda untuk tanaman dengan nama latin ” Jatropha curcas”. Misalnya di Jawa barat disebut Jarak kosta, di jawa tengah disebut  Jarak gundul , dan di Madura disebut ” kalekhe pagar”

Berikut ini beberapa senyawa yang terkandung dalam tanaman jarak dimulai dari akar, batang, getah, daun hingga bijinya:

Getah Tanaman Jarak Pagar: mengandung flavonoid dan saponin serta kandungan jatrophie yang bersifat antijamur. Pada bagian daun jarak pagar ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol. Sedangkan pada biji tanaman jarak ( Jatropha curcas L.) telah ditemukan kandungan β-glukanase yang memiliki aktivitas antifungi, toksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi, tetapi kandungan kimia ini juga bermanfaat sebagai antikanker (Ditjenbun, 2007). Ampas dari Biji Jarak yang sudah diperas minyaknya mengandung nitrogen, fosfat dan kalium.
Kulit Batang Jarak Pagar mengandung tanin, malam, resin dan saponin.

Namun selain manfaat itu ada Racun yang mematikan dalam tumbuhan jarak yakni , senyawa racun yang bernama Kursin. Kursin memiliki molekul protein komplek yang  memiliki toksisitas tinggi , senyawa racun  lain yang ditemukan seperti inhibitor tripsin, saponinmdan asam sianat.

Beberpa penelitian  dilakukan untuk mengetes  racunnya pada hewan ternyata hewan mengalami kematian dengan gejala klinis, Diare, dehidrasi dan mata cekung.

Check Also

Rambut Rontok, Kuku Rapuh Dan Sulit Tidur? Konsumsi Ramuan Ini!

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Apakah Anda memiliki kuku yang rapuh? Apakah Anda mengalami kerontokan ...

...