Home / Uncategorized / Buah Belimbing Pantangan Bagi Penderita Penyakit Diabetes Dan Ginjal

Buah Belimbing Pantangan Bagi Penderita Penyakit Diabetes Dan Ginjal

Buah belimbing dengan nama latin Averrhoa carambola ini banyak dibudidayakan di Asia Tenggara dan berbagai negara beriklim  subtropis  lainnya seperti Amerika dan Australia.Buah yang juga dikenal secara  internasional dengan sebutan                             star fruit,ini bentuknya menyerupai bintang.
Buah Belimbing Musuh Bebuyutan Penyakit Diabetes Dan Ginjal

Buah yang rasanya asam dan sepat ketika masih muda ini semula berasal dari india dan Srilangka. Ketika matang,rasa buahnya menjadi manis dan mengandung banyak air. buah belimbing ada yang varietas lain ada yang rasanya sangat masam dan tidak untuk dikonsumsi secara langsung namanya Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi),

Buah Belimbing Musuh Bebuyutan Penyakit Diabetes Dan Ginjal
Belimbing ini digunakan untuk bahan bumbu dapur, gunanya untuk memberi rasa asam pada sayur dan masakan lain. Secara medis belimbing bermanfaat untuk obat antipiretik dan ekspetoran, pengaruhnya bisa meredam batuk pada anak anak. Kandungan vitamin C nya yang begitu kaya sangat bermanfaat untuk anti infalamasi,analgesik dan diuretik. Beberapa penyakit seperti demam,batuk ,sariawan ,kolesterol  bahkan kanker bisa disembuhkan dengan buah ini ,tapi dengan catatan harus dengan dosis yang tepat dan teratur.

Meski mafaatnya banyak bagi kesehatan namun bagi orang dengan penyakit tertentu justru dilarang mengkonsumsinya seperti bagi penderita ginjal. Kandungan Asam oxolat yang banyak pada belimbing justru berbahaya bagi mereka. Menurut salah seorang ahli penyakit ginjal Dr.Med Salim Lim dalam seminar “Ginjal dan obat tradisional” mengatakan

“Belimbing mengandung asam oxolat dimana pada orang sehat, Ginjal menyaring dan membuangnya. Sedangkan pada pasien ginjal, racun itu tidak dapat dibuang dan akan memperburuk ginjal”

“Karena terjadi obstruksi atau sumbatan di ginjal sehingga bisa menjadi gagal ginjal akut atau mendadak”

Dalam buah belimbing terdapat neurotoksin atau racun syaraf,zat tersebut sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi kerja otak dan syaraf .Sayangnya tidak banyak masyarakat yang memahaminya ,bahkan termasuk 99 % tenga medis dan dokter sekalipun.

Orang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus berhati hati dan tidak disarankan mengkonsumsi buah belimbing, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

sumber :

Buku “Tahukah Anda? Buah Dan Sayur Berbahaya. ( J haryadi) “

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...