Home / Artikel Kesehatan / CARA CEPAT OBATI KULIT GATAL KARENA ULAT BULU

CARA CEPAT OBATI KULIT GATAL KARENA ULAT BULU

Banyak orang yang akan geli dan benci sekali dengan hewan yang satu ini. Ulat bulu memang tampak mengerikan lagipula banyak yang bilang jika bersentuhan dengan ulat bulu maka kulit akan terasa gatal tak tertahankan. Alhamdulillah, sampai saat ini admin tak pernah kena dan bersinggungan dengan ulat bulu yang ditakuti ini.

Kenapa ulat bulu bisa menimbulkan gatal bila bersentuhan dengan kulit kita?

Sebenarnya tidak semua ulat bulu dapat menimbulkan gatal. Ulat bulu adalah sejenis ulat kepompong dari keluarga serangga Lepidoptera sebelum menjadi kupu-kupu atau ngengat. Ulat bulu bermacam-macam jenisnya. Ada yang beracun, ada yang tidak. Ulat bulu yang beracun mempunyai sel kelenjar racun ( Toksin ) yang terdapat di sepanjang tubuhnya.

Sel-sel ini dapat mengeluarkan racun yang akan disalurkan melalui rongga-rongga kecil dalam bulu-bulu ulat itu. Ketika terkena kulit, bulu akan patah dan keluarlah racun yang menyebabkan rasa gatal dan bentol-bentol merah. Hal ini disebabkan oleh toksin yang merusak sel-sel tubuh sehingga tubuh mengeluarkan histamin, serotonin, dan heparin sebagai reaksitubuh kita. Ulat bulu yang tidak beracun dapat juga menyebabkan rasa gatal terutama pada mereka yang alergi pada bulu, Alergi ini muncul sebagai reaksi tubuh kita pada kehadiran benda-benda asing.

Berikut cara mengobati gatal di kulit karena ulat bulu.

1. Garam dan Minyak goreng

Campur 1 sdt garam dan 1/2 sdm minyak goreng dalam sebuah mangkuk. Lalu oleskan campuran tadi pada kulit yang gatal dan bentol karena ulat bulu. Berangsur-angsur gatal dan bentol akan berkurang.

2. Kunyit

Kunyit merupakan anti infeksi alami yang mampu merawat luka hingga kering dan sembuh. Bila gatal -gatal akibat ulat bulu muncul, cuci bersih kunyit dan parut bersama dengan kulitnya. Balurkan di tempat yang bentol dan gatal. Nyeri dan rasa panas akibat ulat bulu cenderung akan berkurang dan hilang.

3. Bawang Merah

Haluskan beberapa butir bawang merah, lalu oleskan pada kulit yang gatal dan merah karena ulat bulu.

4. Garam

Usapkan garam dan gosokkan selama 5 menit pada daerah yang terkena bulu untuk menghilangkan sisa bulu dan racun yang tidak hilang saat dicuci.

CATATAN:

Jangan menggaruk kulit yang gatal karena ulat bulu. Tahan keinginan untuk menggaruk daerah kulit yang gatal akibat racun ulat bulu. Hal ini bisa menimbulkan luka yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

Jika gatal-gatal dan bentol-bentol karena racun ulat bulu ini tak kunjung sembuh segera berobat ke dokter, mungkin anda memiliki reaksi alergi lanjutan.

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...