Home / Artikel Kesehatan / Herbal Senna Obat Sembelit Pilihan Nabi SAW

Herbal Senna Obat Sembelit Pilihan Nabi SAW

Ibnu Muflih al Mughdisi menguraikan dalam kitabnya Al-adab asy-syariyah”Para dokter mengatakan bahwa menahan buang angin/ kentut,yang akan keluar bisa menyebabkan sembelit,pandangan mata gelap,penyakit hati dan sakit kepala.

Apabila sulit buang air besar, Rasulullah saw telah mengungkapkan dengan gamblang, aturan penggunaan obat pencahar, sebagaimana diterangkan dalam hadist”asmabinti Umais. ra”:

“Rasululullah saw pernah bertanya kepadanya (‘asma), “dengan apa engkau Istimsya(mengobati sembelitmu)? Ia (asma) menjawab “syubrum” . Beliau bersabda, obat itu panas dan reaksinya cepat sekali. ‘selanjutya ia Asma’ menguras perut dengan senna, lalu nabi bersabda kalau ada sesuatu yang bisa mengobati kematian ,pastilah Senna”(H.R At-tirmidzi)

Menurut ibnu muftih  syubrum adalah kulit akar pohon, karakternya panas kering dan tanaman ini masih satu family dengan daun patah tulang (euphorbiatirucalli). Para dokter tidak membolehkan penggunaan Syubrum ini karena dapat menyebabkan dehidrasi berlebihan, dapat menimbulkan rasa sesak di dada dan mual ,jika dikonsumsi terlalu banyak bisa mematikan.
wajar jika kiranya rasulullah Saw,menyebutkan pengganti penggunaan Syubrum sebagai pencahar yaitu Senna. Senna  karakternya panas -kering, ia adalah obat yang mulia yang aman dari bahaya, dapat memperkuat jantung dan melunakkan feses yang keras, senna digolongkon sebagai obat urus-urus (pencahar).
Herbal Senna Obat Sembelit Pilihan Nabi SAW

Cassia Angustifolia atau daun senna banyak tumbuh di daerah tropis Arab dan Afrika Utara. Di Indonesia, khususnya Jawa, daun senna lebih dikenal dengan nama godong seno atau daun jati cina. Daun senna ini mempunyai manfaat untuk pengobatan, sebagai bahan obat herbal. Daun senna memiliki kandungan seperti sennosida, anthraquinon, hidroksian thrasean, glikodisa dianthrone, naftalene glikosida.

Efek negatif penyalah gunaan senna

Hal ini dinyatakan dalam buku fisioterapi dasar ,bahwa penggunaan jangka panjang/penggunaan yang salah mengakibatkan kehilangan elektrolit,penurunan berat badan,hipotensi ,jadi senna herbal ini bukanlah digunakan untuk tujuan jangka panjang apalagi dipakai sebagai obat diet penurun berat badan.

SENNA atau Daun Jati Cina fungsi utamanya adalah sebagai obat urus-urus /pencahar alami

sumber: Buku Keajaiban Resep Obat Nabi

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...