Home / Artikel Kesehatan / Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Samping Kacang Tanah (Arachis hypogaea)

Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Samping Kacang Tanah (Arachis hypogaea)

Olahan kacang tanah banyak kita temui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah pada gado-gado sangat digemari turis mancanegara. Kacang tanah dijadikan seperti saus pada salad yang dicampur berbagai jenis sayuran. Tentu saja banyak khasiat yang sekaligus kita dapatkan dari sayuran tersebut, seperti manfaat kacang panjang, manfaat kentang, dan manfaat ketimun. Kacang tanah sendiri menyimpan kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh, yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Di banyak Negara bagian Afrika, kacang yang lebih dikenal sebagai kacang tanah, referensi disukai oleh polong. Kacang memainkan peran nutrisi penting di banyak bagian Afrika, karena mereka tinggi protein dan lemak sehat.

Kandungan Gizi Kacang Tanah

Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah ini diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar

((healthyeating.sfgate.com, Health Benefits of Raw Peanuts, diakses 26 November 2014)) :

828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)
Fakta Nutrisi kacang

Kacang tanah nemiliki banyak kandungan gizi, karena mereka adalah sumber yang kaya nutrisi penting,  berikut beberapa manfaat kacang bagi kesehatan.

Berikut ini adalah tabel nilai gizi kacang, yang bisa bervariasi tergantung pada cara olah dari kacang tanah itu sendiri (asin, hambar, panggang,  dengan mentega, dll) . Namun demikian, apa yang tidak berubah adalah manfaat kesehatan dari kacang.

Dalam satu ons kacang tanah kupas, setara dengan 28g mengandung nutrisi antara lain:

Kalori   166 kalori

Protein   7,8 g

Kalsium   17,1 mg

Kalium   203 mg

Magnesium   49,3 mg

Fosfor   111 mg

Sodium   89,6 mg

Folat   33,6 mcg

Karbohidrat   4.3 g

Serat diet   2,6 g

Jumlah total lemak  14,7 mg

Manfaat kacang bagi Kesehatan

# Menjaga kesehatan Jantung

Kacang berisi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang menjaga jantung tetap sehat. Tingkat yang baik, kedua; tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda menyebabkan penurunan kadar kolesterol darah, dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

# Sumber Protein

Protein sangat penting untuk kesehatan sel-sel kita. Sel-sel dalam tubuh kita terus-menerus diganti dan diperbaiki. Untuk memperbarui sel-sel  dan memperbaiki yang rusak  kita perlu protein. Kacang merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Ini harus secara teratur dimasukkan dalam menu makanan untuk anak-anak, vegetarian dan mereka yang kekurangan protein.

# Sumber Antioksidan

Kacang mengandung konsentrasi tinggi polifenol antioksidan, terutama senyawa yang disebut p-coumaric acid dan asam oleat, yang tidak hanya melindungi jantung tapi menghambat pertumbuhan radikal bebas, menjaga infeksi di teluk.

# Sumber Mineral

Sebagai sumber yang kaya mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, seng, kalsium, natrium, dll, sehingga Kacang dibutuhkan oleh tubuh kita agar berfungsi dengan baik, dipastikan dengan konsumsi secara teratur kacang akan memberikan pasokan yang cukup dari mineral ini untuk memastikan kesehatan jantung dan meminimalkan  risiko penyakit kekurangan mineral.

# Sumber Vitamin

Vitamin penting untuk pertumbuhan secara keseluruhan dan perkembangan tubuh. Vitamin memastikan kesehatan penting bagi sel dan jaringan untuk melawan infeksi. Kacang menyediakan tubuh kita vitamin yang juga membantu dalam mengatur metabolisme, mengkonversi lemak dan karbohidrat menjadi energi, dan memfasilitasi tulang dan pembentukan jaringan. Sebuah sumber yang baik folat, kacang mengurangi kejadian cacat lahir, dan kondisi anemia terkait.

Efek Samping Kacang Tanah

Asupan kacang berlebihan dapat menyebabkan gas, mulas, dan alergi makanan tiba-tiba terhadap kacang.

Alergi kacang mungkin adalah alergi makanan yang paling serius Anda dapat mengembangkannya. Penderita alergi kacang beresiko tinggi reaksi alergi yang serius yang benar-benar dapat mengancam kehidupan, bahkan jika episode pertama dari sensitivitas kacang itu tidak parah.

Jika Anda curiga Anda memiliki alergi kacang, Anda perlu untuk diuji oleh ahli alergi segera dan menghindari semua produk kacang sampai alergi ditentukan sebagai yang benar atau tidak.

Kebanyakan orang yang memiliki alergi kacang akan mengalami reaksi dalam beberapa menit dari menyentuh atau makan kacang atau produk yang terbuat dari kacang. Reaksi biasanya dimulai dengan kesemutan di mulut diikuti dengan pembengkakan wajah, tenggorokan dan mulut. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan bernafas, serangan asma, shock anafilaksis dan kematian. Reaksi kurang parah termasuk ruam, gatal-gatal dan sakit perut.

Jika Anda memiliki alergi kacang, Anda akan selalu membawa Epinefrin untuk melawan gejala alergi sambil menunggu bantuan darurat datang.

Jika Anda memiliki alergi kacang tanah, bisa jadi Anda juga memiliki alergi terhadap semua jenis kacang. Anda disarankan menghindari semua produk kacang, termasuk minyak kacang dan produk olahan pada peralatan yang digunakan untuk mengolah  kacang. Alergi ini begitu parah sehingga bahkan sejumlah kecil dari produk kacang dapat memicu reaksi alergi yang serius.

Beberapa orang mengatasi alergi kacang, tapi kebanyakan tidak. Jika Anda didiagnosis dengan alergi kacang saat masih bayi, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik tumbuh melampaui alergi daripada jika Anda mengembangkan alergi setelah usia tiga tahun. Kebanyakan anak-anak dan orang dewasa dengan alergi kacang memiliki alergi ini sepanjang hidup. Alergi ini menjadi semakin umum dan telah menjadi subyek banyak penelitian karena sifat serius dari kondisi tersebut.

Kacang rentan terhadap kontaminasi aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur, aspergillus flavus, yang sangat beracun dan karsinogenik (menyebabkan pertumbuhan baru ganas yang ditemukan di kulit atau selaput organ tubuh), terutama faktor risiko untuk kanker hati. Setelah kacang mengungkapkan penampilan kuning kehijauan, itu berbahaya dan tidak bisa lagi dikonsumsi.

Juga, mereka yang menderita stagnasi kelembaban-dingin dan berlama-lama diare tidak harus memakannya.

Asam alfa-linolenat adalah asam lemak yang ditemukan dalam banyak makanan. Kebanyakan, tetapi tidak semua, penelitian telah menemukan bahwa tinggi tingkat makanan atau darah asam alpha-linolenic berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Konsentrasi asam alfa-linolenat yang tinggi kacang tanah dan kacang lainnya seperti almond, kacang Brazil, kacang mete, biji rami, hazelnut, kacang macadamia, pecan, kacang pinus, pistachio, dan walnut.

sumber:http://www.medicaldaily.com/benefits-nuts-eating-10-grams-nuts-and-peanuts-day-lowers-death-risk-major-causes-337576

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...