Home / Uncategorized / KROKOT Dianggap Gulma, Padahal Ampuh Obati Sakit Usus Buntu

KROKOT Dianggap Gulma, Padahal Ampuh Obati Sakit Usus Buntu

Krokot merupakan tumbuhan dari suku Portuluca. Tanaman krokot ini tumbuh liar dan mudah kita jumpai di segala tempat mulai dari persawahan, ladang, dan tepi jalan. Tanaman krokot dengan nama latin Portulaca Oleracea L. juga dikenal di Inggris dengan nama common purslane dan little hogweed. Sudah jamak dikalangan masyarakat bahwa tanaman krokot ini akan dibasmi bila tumbuh di halaman apalagi di taman.

Padahal Krokot sangat kaya manfaat dan khasiat bagi kesehatan Manusia. Krokot termasu tanaman sayur bergizi, kalu saja Anda tahu. Tanaman krokot mengandung omega tiga, asam linolenat, KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa.

Banyak juga ternyata orang yang mengakui bahkan menggemari Krokot sebagai hidangan sayur yang lezat. Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan herba ini antara lain : Disentri, diare akut, Radang akut usus buntu ( appendicitis acuta), Radang payudara (mastitis), wasir berdarah (Hemorrhodal bleeding), Badan sakit dan pegal, Keputihan, Gangguan sistem saluran kencing, Hepatitis, Cacingan dan sesak napas (biji dan buahnya). Bisul, eczema, borok, erysipelas, gigitan ular dan serangga.

Untuk Mengobati Usus Buntu dapat digunakan resep berikut:

RESEP 1

Segenggam Krokot segar dicuci bersih, lau ditumbuk hingga halus untuk kemudian diperas hingga didapatkan 30 ml (2 sendok makan) airnya.Tambahkan gula pasir secukupnya dan air matang (suhu ruang) hingga didapat campuran 100 ml (setengah gelas). Minum ramuan ini 3 kali sehari.

RESEP 2

Krokot dan Jombang (Taraxacum officinale) masing-masing 60 gram banyaknya, direbus dengan 3 gelas air, gunakan api sedang. Setelah air menyusut hingga sisa 1 gelas, matikan api. Bagi 3 air ramuan tersebut untuk diminum pagi, sore dan malam.

Sumber: Buku Sehat Alami Dengan Herbal/ 250 Tanaman Berkhasiat Obat oleh Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB & Gagas Ulung (Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama)

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...