Home / Artikel Kesehatan / Mengunyah Kencur Sembuhkan Radang Lambung

Mengunyah Kencur Sembuhkan Radang Lambung

KENCUR, Siapa yang tak kenal dengan rempah yang satu ini. Kencur dikenal karena khasiatnya sebagai obat batuk, juga penambah nafsu makan. Kencur mengandung banyak minyak atsiri yang berkhasiat. Di antaranya  kandungan etil sinnamat dan metil p-metoksi sinamat yang banyak digunakan industri kosmetika dan sebagai obat asma serta antijamur.

Tanaman Kencur dengan nama latin Kaempferia galanga ini memiliki beberapa nama lokal, misalnya di Sunda dikenal sebagai Cikur, di Aceh disebut Ceuko,  Madura; Kencor, Di bali cekuh dan masih banyak lagi.

Kencur ternyata juga bisa dipakai untuk mengobati radang lambung. Radang lambung sangat umum diderita oleh masyarakat kita saat ini. Gaya hidup dan pola makan yang tak sehat membuat fungsi lambung jadi terganggu sehingga lambung mengalami radang.

Berikut adalah resep mengobati radang lambung menggunakan Kencur.

Sebanyak 2 rimpang Kencur sebesar ibu jari dicuci dan dikupas sampai bersih. Kunyah-kunyah kencur sampai keluar airnya, dan telan airnya lalu buang ampasnya. Setelah itu minum segelas air putih. Ulangi sampai sembuh.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...