Home / Artikel Kesehatan / Perhatikan Matanya! Dia Berbohong Atau Sedang Jatuh Cinta?

Perhatikan Matanya! Dia Berbohong Atau Sedang Jatuh Cinta?

Ini hanya membutuhkan waktu tujuh detik! Saat sedang berjalan, tersenyum, ataupun berjabat tangan, kebanyakan orang membentuk kesan pertama mereka di saat-saat yang singkat ini. Komunikasi nonverbal justru sangat berpengaruh, kata para ahli. Dan apa yang tidak kita ungkapkan selain secara verbal adalah kita ungkapkan dengan bahasa tubuh, dan yang paling kuat dari bahasa tubuh adalah MATA kita. Benarlah kata orang tua dahulu jika Mata adalah jendelanya hati.

Mata kita ini sering mengungkapkan lebih dalam dan jauh tentang pikiran dan perasaan pribadi daripada kata-kata kita. Inilah alasan kita mempertahankan kontak mata dengan sang pewawancara dalam interview kerja , tak lain ini dilakukan agar pribadi kita memancarkan kepercayaan diri.

atau tahukah anda saat kita diberi saran agar anak-anak tidak menatap terlalu lama pada anjing peliharaan sesorang,  sebab menatap lama pada anjing itu adalah bentuk intimidasi dan menunjukkan dominasi.

Kedua contoh di atas adalah bahasa mata umum yang kebanyakan orang menyadari dan secara sadar mengontrolnya.

Jadi, ternyata kita dapat pelajaran tentang ekspresi bawah sadar dari dan dengan mengamati mata seseorang.

# Ketika Seseorang Berbohong

Sebuah laporan pada 2010, dua penelitian yang dilakukan di seluruh dunia yang diterbitkan dalam Journal of Psychology Lintas Budaya, menemukan satu kepercayaan umum di seluruh 75 negara dan 43 bahasa yang berbeda yaitu “pembohong akan menghindari tatapan mata”.

# Fokus pada wajah Untuk Mengetahui Kebohongan

– Perhatikan gerakan mata seseorang.

Biasanya kebohongan bisa ditandai berdasarkan gerakan mata saat seseorang sedang mengingat-ingat sesuatu atau mengarang cerita. Ketika orang sedang mengingat detail sesuatu, matanya bergerak ke kiri jika ia tidak kidal. Jika orang itu tidak kidal sedang mengarang cerita, matanya akan bergerak ke kanan. Kebalikannya terjadi pada orang kidal. Orang kidal cenderung berkedip lebih cepat ketika sedang berbohong. Hal ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Tanda kebohongan lainnya adalah sering menggosok-gosokkan mata.

– Perhatikan kelopak mata.

Ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang tidak disetujui, saat berkedip kelopak matanya cenderung terpejam lebih lama daripada biasanya. Namun, hal ini bisa berubah dalam hitungan menit, jadi Anda perlu tahu bagaimana seseorang berkedip secara normal dalam situasi yang tidak tertekan untuk perbandingan yang lebih akurat. Jika tangan atau jarinya mengarah ke mata, hal ini mungkin bisa menjadi indikator lain untuk mencoba “menutupi” kebenaran.

– Hati-hati dalam menilai kejujuran pernyataan seseorang hanya berdasarkan gerakan mata saja. Beberapa kajian ilmiah terbaru meragukan pendapat bahwa mata yang melihat ke arah tertentu merupakan petunjuk yang tepat bahwa seseorang sedang berbohong.

Banyak ahli percaya bahwa arah mata adalah indikator kejujuran yang secara statistik tergolong lemah.

percobaan telah dilakukan dan menunjukkan Mata hanya akurat mendeteksi kebohongan 54 persen sehingga tidak menjadi metode deteksi yang handal.

Blake Eastman, ahli bahasa tubuh dan pendiri The Nonverbal Group, setuju Anda tidak dapat menggunakan kontak mata sebagai dasar untuk membuat asumsi.

“Bisa jadi mereka berpaling karena mereka tidak nyaman dengan apa yang terjadi,” katanya.

Indikasi lain dari berbohong adalah menurunnya tingkat berkedip akibat kelebihan beban kognitif, yaitu teori bahwa ketika seseorang menjadi kewalahan dengan berpikir (atau menciptakan kebohongan), tingkat berkedip secara dramatis berkurang. Namun, seperti tatapan keengganan atau kontak mata yang luar biasa kuat, penurunan tingkat berkedip, juga, bervariasi untuk setiap individu.

Peningkatan tingkat ritme kedipan mata, dalam beberapa kasus, adalah indikasi lain yang kuat bahwa kita berhasrat pada seseorang. Bagi sebagian orang, berkedip semakin meningkat ketika mereka sedang gembira, Eastman menjelaskan, begitu konsisten berkedip (lebih dari rata-rata 10 berkedip per menit) mungkin tanda lain seseorang tertarik kepada Anda.

Sebagai informasi tambahan lainnya pelebaran pupil, ritme tingkat berkedip,dan lama tatapan adalah sebuah tanda seseorang itu antusias dan lebih dalam lagi mungkin jatuh cinta pada anda.

Jadi apakah dia sedang berbohong atau jatuh cinta?

sumber
http://www.medicaldaily.com/lying-eyes-or-something-else-how-blink-rate-pupil-dilation-give-insight-honesty-and-319164

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...