Home / Artikel Kesehatan / Perut Kembung, Begah dan Nyeri Lambung? Mungkin Anda Korban Dari Kombinasi Makanan yang Buruk

Perut Kembung, Begah dan Nyeri Lambung? Mungkin Anda Korban Dari Kombinasi Makanan yang Buruk

Bahkan saat makan makanan sehat sekalipun Anda dapat mengalami masalah pencernaan seperti kembung, iritasi lambung, atau ketidaknyamanan pencernaan lainnya. Banyak orang keliru berpikir bahwa masalah ini disebabkan oleh jenis makanan tertentu yang mereka makan. Dan memutuskan utuk tidak memakannya lagi atau bahkan berpikir bahwa itu hal yang biasa dan normal terjadi.

Namun yang sebenarnya terjadi adalah ini disebabkan karena urutan makan yang keliru, begitu menurut pola makan sehat Food combining.

Membayangkan makan makanan dalam kelompok tertentu dan dalam waktu tertentu mungkin tampak membingungkan. Tapi ini dapat dibuat lebih mudah dengan memahami dan mengikuti beberapa panduan dan mengetahui waktu pencernaan makanan.

Jus dan air mengambil 20-30 menit untuk dicerna. Makanan, buah-buahan, sayuran non-tepung, dan smoothie dapat memakan waktu sekitar 30-45 menit. Biji-bijian dan pati mengambil sekitar 2-3 jam untuk mencerna, dan kacang memakan waktu sekitar 3 jam bagi tubuh untuk mencerna.

Berikut adalah 10 aturan food combining untuk bebas ganguan pencernaan:

1. Buah Melon harus selalu dimakan sendiri saat sarapan. Kecuali jika Anda berencana untuk makan melon sepanjang hari, jangan makan buah melon ini setelah makan jenis makanan lain, karena Melon dicerna demikian cepat.

2. Buah yang terbaik adalah dimakan sendiri seperti melon. Dan idealnya dimakan untuk sarapan. Namun beberapa buah juga baik dikombinasi dengan buah yang lain dan sayuran hijau. Dengan makan satu jenis buah dalam satu waktu akan memaksimalkan penyerapan nutrisinya. Makanlah buah saat perut kosong, makan buah bersamaan atau setelah makan makanan lain akan mnyebabkan buah terfermentasi dalam lambung dan mengakibatkan kembung dan sakit perut.

3. Pati dapat dimakan dengan sayuran non tepung, tapi tidak dengan buah-buahan asam, atau tomat. Hal ini karena enzim dalam buah-buahan asam dan tomat akan menurunkan kemampuan tubuh ‘untuk memulai pencernaan saliva pati di dalam mulut. Ingatlah untuk mengunyah pati dengan cermat untuk membantu pencernaan.

4. Gula tidak boleh dimakan dengan pati atau protein, karena gula cenderung terurai menjadi alkohol dan karbon dioksida karena proses fermentasi dalam perut Anda.

5. Protein dapat dimakan dengan sayuran non-pati, dan tidak boleh dengan pati. Kacang-kacangan, terkenal dapat menyebabkan gas mengandung sekitar 25% protein dan 50,5% karbohidrat, dan ini adalah makanan yang Sulit bagi banyak orang untuk dicerna. Jika Anda mengalami sakit perut setelah makan kacang-kacangan, cobalah Lentil atau kacang hijau, yang keduanya lebih mudah bagi tubuh untuk mengurainya.

6. Jumlah lemak dalam makanan akan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan, karena lemak lebih  diprioritaskan dari makanan lain oleh tubuh. Makanan berlemak tinggi bisa memakan waktu hingga tiga jam untuk dicerna.

7. Sayuran Non-pati dan sayuran hijau yang netral dapat dikombinasikan dengan semua makanan.

8. Lemak, pati, dan protein tidak boleh digabungkan satu sama lain.

9. Hindari kombinasi makanan mentah dan dimasak bersama-sama.

10. buah asam dapat digabungkan dengan kacang-kacangan dan lemak nabati seperti alpukat.

sumber: http://www.peacefuldumpling.com/are-you-a-victim-of-bad-food-combining

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...