Home / Artikel Kesehatan / Salah Kaprah Menangani Mimisan, Jangan Dongakkan Kepala!

Salah Kaprah Menangani Mimisan, Jangan Dongakkan Kepala!

Reflek  orang yang sedang mimisan adalah menengadahkan kepala. Sikap ini  ternyata beresiko untuk saluran pernafasan serta dapat mengakibatkan tersedak serta pneumonia karena darah yang keluar kembali ke saluran pernapasan.

Menengadahkan kepala saat terjadi mimisan tak disarankan, karena dapat menyebabkan akibat yang buruk pada tubuh. Bila darah mengalir ke kerongkongan, selain dapat mengakibatkan tersedak, penderitanya dapat pula muntah waktu darah itu mengalir sampai ke lambung.

Menurut dr. Jennifer Villwock, seorang pakar bedah telinga, hidung serta tenggorok di State University of New York’s Upstate Medical University, darah yang mengalir masuk ke saluran pernafasan selain dapat menyebabkan tersedak, dalam jangka panjang dapat jadi penyebab penumonia. Ini terdapat terjadi bila setiap saat mimisan, selalu menengadahkan kepala. Hal ini karena darah berpeluang terkontaminasi dengan bakteri yang datang dari tenggorakan.

Jadi Seperti apa cara penanganan mimisan yang aman?

Cara menghentikan mimisan yang lebih aman serta disarankan yaitu langkah mencubit atau menekan dengan dua jari perlahan pada sisi hidung yang lebih lunak, yang ada tepat di bawah tulang hidung. (lihat gambar diatas – pinch here).

Cubitan pelan atau pencetan ringan  di hidung pada letak yang disarankan itu akan memberi tekanan pada pembuluh darah halus yang terdapat dalam lubang hidung. Lewat cara demikian itu darah yang keluar dapat membeku lebih cepat.

Sekali lagi jangan tengadahkan kepala, namun malah sedikit menundukkan supaya darah terbuang keluar lewat lubang hidung. Hal ini juga menghindar agar darah tak mengalir ke tenggorokan.

Terkecuali tehnik sederhana hentikan mimisan di atas, bisa juga memakai semprotan dekongestan untuk hidung. Carannya waktu mimisan, darah keluar untuk pertama kalinya, semprotkan dekongestan itu, baru lalu mencubit pelan sisi hidung seperti teknik di atas. Semprotan dekongestan dapat mempercepat penyempitan pembuluh darah di hidung hingga menghentikan pendarahan. Ini hanya membutuhkan beberapa menit saja, paling lama 15 menit.

Bila darah mimisan keluar lebih lama, atau mimisan terjadi berulangkali sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk diagnosa dan perawatan lebih lanjut.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...