Home / Artikel Kesehatan / Tomat Muda Manfaatnya Tidak Sesegar Penampilannya

Tomat Muda Manfaatnya Tidak Sesegar Penampilannya

Tomat dengan nama latin Lycopersicum Esculentum , merupakan tanaman yang lebih dikelompokkan dalam jenis sayuran. Tanaman yang sering dibuat jus dan jadi pemanis hidangan nasi goreng ini , sebenarnya termasuk jenis tanaman yang berumur pendek. Tomat cocok ditanam di tanah subur yang dengan sinar matahari tidak terlalu terik dan tidak banyak terkena hujan. Tidak hanya menjadi bumbu masakan, namun kandungan nutrisi di dalam tomat ini memberikan manfaat bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Tomat

Nutrisi di dalam satu porsi tomat mentah (satu Cangkir atau 150 gram) meliputi, vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat mengandung sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori yang rendah. Sebagian besar dari kita tidak menyadari dengan asupan mineral yang cukup, namun tomat menyajikan kandungan mineral yang baik seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, FOSFOR dan tembaga.

Tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein, dan lycopene. Karotenoid ini dapat bermanfaat secara individu, tetapi juga memiliki sinergi sebagai sebuah kelompok (yaitu, mereka berinteraksi untuk memberikan manfaat kesehatan). Secara khusus, tomat mengandung jumlah yang mengagumkan dari lycopene yang diperkirakan memiliki manfaat antioksidan yang paling tinggi dari semua karotenoid.

Menurut sebuah studi dari Ohio State University, tomat yang dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti yang terdapat pada manfaat alpukat atau manfaat minyak zaitun, dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali. Semua ini merupakan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh yang baik.

WASPADA TOMAT MUDA YANG HIJAU!

Sudah kita ketahui betapa banyak manfaat dari buah tomat , namun kita harus waspada ,jika mengonsumsinya,terutama tomat muda yang masih berwarna hijau, ternyata ,pada tomat muda yang masih berwarna hijau terdapat zat yang bernama “CITROPIN” dan “SOLANIN” dari golongan Glycoalkaloid yang mengandung racun,jika kita mengonsumsinyamaka terasa tidak enak dan sedikit pahit.

Gejala keracunannya ditandai dengan rasa mual,terbakar dimulut, sakit perut, dan muntah.Sebaliknya Tomat matang aman dikonsumsi karena kandungan SOLANIN pada tomat tersebut akan berubah menjadi SOLANIDIN yang tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Kita juga tidak dianjurkan memakan tomat sebelum makan nasi , karena jika dilakukan maka lambung akan kaget maka sebab lambung terganggu sehingga sakit perut, akibat naiknya tekanan dalam lambung. Sebaiknya makan tomat setelah makan nasi ,karena tomat bisa menurunkan asam lambung.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...