Home / Artikel Kesehatan / Bunga Kitolod, Sembuhkan Mata Rabun dan Katarak

Bunga Kitolod, Sembuhkan Mata Rabun dan Katarak

Anda bisa temukan tanaman ini diselokan atau tempat lembab lainnya. Memang kesannya sebagai tanaman yang tidak berguna. Tanaman yang termasuk famili Campanuaceae ini berasal dari Hindia Barat. Hati-hati dengan getah kitolod yang berwarna putih karena mengandung racun. Kitolod juga memiliki buah yang berbentuk seperti lonceng, merunduk dan merekah dua bagian serta berbiji banyak dengan warna putih dan berbentuk bulat telur. Daun kitolod memiliki senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi.

Menurut Prof. (HC) Dr. H. W. Isnandar, seseorang ahli TOGA pimpinan Jamu Dayang Sumbi, kita bisa memakai bunga segar kitolod untuk penyembuhan mata dari mulai rabun, katarak bahkan juga mata minus dan plus. Cuma dengan mengambil bunga kitolod yang masih tetap segar, lalu dimasukkan kedalam satu gelas air putih, gelas ditutup dan dibiarkan 5 menit lalu dipakai untuk merambang atau merendam mata. Hal semacam ini dilakukan setiap hari hingga pulih. Selain bunganya, di beberapa daerah juga dipakai beberapa daun kitolod yang sudah dipotong pucuknya, lalu dicelupkan dalam segelas air bersih dan dipakai untuk menetesi mata. Mata bakal terasa sangatlah pedih, tetesi terus hingga rasa pedihnya menyusut dan hilang.

Butuh diingat, baik bunga ataupun daun kitolod yang dipakai haruslah benar benar bersih. Dianjurkan untuk memakai daun atau bunga kitolod yang dibudidayakan, atau tak mengunakan tanaman ki tolod yang datang dari tempat yang kotor yang pada akhirnya malah akan memperparah penyakit mata kita.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...