Home / Apotik Hidup / Kembang Kanthil Sembuhkan Sinusitis, Pembesaran Prostat dan Batuk Rejan

Kembang Kanthil Sembuhkan Sinusitis, Pembesaran Prostat dan Batuk Rejan

Kembang Kanthil demikian orang Jawa menyebut tanaman ini. Cempaka Putih (michelia alba) memiliki sifat khas manis, pedas dan menghangatkan. Tumbuhan ini sering digunakan pada pengobatan tradisional sebagai obat maag atau asam lambung. Kembang Kanthil juga digunakan sebagai obat penghilang bau mulut dan obat gatal kulit yang ditimbulkan oleh mikroba. Bunga ini berkhasiat sebagai antimikroba, mengobati bronkhitis, batuk demam prostat, dan keputihan. Sedangkan daunnya yang dmengandung alkaloid mikelarbina dan liriodenina digunakan untuk mengobati bronkhitis, infeksi saluran kemih dan sebagai antioksidan kuat. Batangnya digunakan untuk pengobatan sipilis, gonorhea dan malaria. Akar untuk infeksi saluran kemih, juga mengobati sinusitis batuk rejan dan berdahak.

Berikut adalah resep ramuan herbal kembang Kanthil atau Cempaka Putih yang dapat digunakan untuk pengobatan.

Sinusitis

30 gram bunga cempaka putih kering, 30 gram daun mint, 15 gram jahe, 2 batang daun bawang putih, rebus kesemua bahan dengan 800 cc air hingga bersisa setengahnya (400 cc). Minum air rebusan ini 2 kali sehari 200 cc sekali minum.

Pembesaran prostat

30 gram daun cempaka putih atau Kembang Kanthil  yang kering, daun kumis kucing segar 30 gram  dan daun sendok segar 30 gram. Rebus kesemua bahan herbal tersebut dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc air rebusan. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Batuk Rejan, Batuk Berdahak

5-7 kuntum kembang Kanthil, 10 gr jahe, 10 gr kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, tambahkan madu secukupnya. Bagi jadi 2 ramuan ini. Minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing 150 cc.

Check Also

Campuran Minyak Zaitun Dan Bawang Putih Atasi Varises

Apakah anda merasa terganggu dengan memiliki beberapa penampakan varises sekarang di kaki, tangan maupun bagian ...

...