Home / Artikel Kesehatan / Konsumsi Kolang-Kaling, Solusi Bagi Anda yang Mengalami Masalah Sakit Persendian dan Tulang

Konsumsi Kolang-Kaling, Solusi Bagi Anda yang Mengalami Masalah Sakit Persendian dan Tulang

Buah Kolang-kaling disebut juga dengan nama buah atap, yang menjadi salah satu cemilan yang sangat dikenal di masyarakat Indonesia dengan bentuknya yang bulat lonjong, kenyal serta berwarna putih, membuat tampilan buah ini sangat menarik ditambah lagi dengan kandungan airnya yang sangat banyak. Kolang-kaling biasanya disajikan dalam hidangan es buah ataupun es dawet. Teksturnya kenyal dengan rasa hambar menjadikan Kolang-Kaling unik dan cocok sebagai pelengkap minuman manis seperti es sirop.

Walaupun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia tapi tak banyak yang tahu bahwa buah dari tanaman bernama latin Arenga pinnata ini memiliki khasiat luar biasa untuk pengobatan terutama pada gangguan tulang dan persendian. Ini karena Kolang-kaling  mengandung kalsium sama dengan tulang sapi. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Berikut adalah keuntungan kesehatan yang Anda dapat jika menambahkan Kolang-Kaling dalam menu harian Anda.

Memperlancar sistem pencernaan

Kolang-Kaling kaya akan serat di mana serat sangat baik untuk pencernaan, ini dapat membantu tubuh membuang limbah yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh, selain itu kolang-kaling juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang dan memberi energi sehingga hal ini tentunya sangat baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Mengobati Arthritis/ Radang sendi

Karbohidrat yang terkandung dalam kolang-kaling pada umumnya adalah galactomannan, di mana zat ini sering digunakan sebagai bahan dasar obat arthritis, karena itu ia dapat membantu mengurangi rasa sakit di persendian. Bagi Anda yang memiliki arthritis mengkonsumsi 100-200 gram kolang-kaling rebus tanpa gula dan pewarna sangat dianjurkan, untuk membantu mengobati peradangan pada sendi.

Mencegah Osteoporosis

Selain serat dan karbohidrat kolang-kaling juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, dalam 100 gram kolang-kaling mengandung 91 miligram kalsium sehingga sangat cocok untuk mengisi kebutuhan kalsium harian Anda. Terutama bagi mereka yang alergi terhadap susu.

Obat Gatal-gatal

Getah Kolang-kaling yang belum diolah juga memiliki potensi untuk menjadi obat, ambil beberapa tetes getah kolang-kaling, kemudian gosok pada bagian tubuh yang gatal-gatal, terbukti hal ini menjadi obat gatal cukup yang kuat.

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...