Home / Artikel Kesehatan / Luar Biasa! Manfaat Kulit Bawang yang Tidak Pernah Terpikirkan

Luar Biasa! Manfaat Kulit Bawang yang Tidak Pernah Terpikirkan

Mungkin nutrisi yang paling sering dicampakkan dari buah dan sayuran adalah kulitnya. Terutama bawang dan bawang putih. Ini karena kulit bawang terlihat kering dan juga teksturnya. Banyak orang menganggap bahwa kulit bawang tidak dapat dimakan dan tidak pernah menyadari betapa bergizinya mereka. Kenyataannya adalah, bahwa sama seperti sebagian besar buah dan sayuran, kulit menahan lebih banyak nutrisi dan serat dibandingkan daging sayuran.

Nilai gizi dari kulit Bawang

Kulit Bawang putih

Kulit Bawang putih berisi enam senyawa antioksidan yang terpisah, demikian menurut penelitian dari Jepang. Mengupas kulit bawang putih telah menghilangkan antioksidan phenylpropanoid yang membantu melawan proses penuaan dan melindungi jantung, “papar Dr Glenville” (Dailymail.co.uk). Seperti bawangnya, kulit bawang putih juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol.

Kulit Bawang Merah

“Sementara itu bawang merah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan. Namun, kulit Bawang merah sebenarnya memiliki lebih banyak antioksidan daripada bawang itu sendiri. Kulit bawang Merah juga kaya quercetin yaitu senyawa flavonol yang dapat mengurangi tekanan darah dan mencegah plak pada pembuluh arteri yang dapat menyebabkan stroke “(. Dr Oz). Selain itu, kulit Bawang Merah juga  kaya serat, diet tinggi serat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, masalah pencernaan, beberapa jenis kanker dan diabetes tipe 2. Menurut Science Daily (berdasarkan jurnal, Plant Foods for Higher Nutrition), senyawa fenolik dalam bawang membantu mencegah penyakit koroner dan memiliki sifat anti-karsinogenik.

Bagaimana Cara Memasukkan Kulit Bawang dalam Menu Anda sehari-hari.

Gunakan kulit dari bawang putih dan bawang merah ORGANIK, jika tidak Anda akan terpapar pestisida yang digunakan petani konvensional.

Cara termudah untuk menggabungkan nutrisi dari kulit BAwang adalah dengan menggunakan air seduhannya. Baik itu sup atau  saus, Anda bisa memasukka kulit Bawang ke dalamnya dan membiarkannya dimasak bersama bumbu lainnya sampai Anda selesai memasak. Setelah masak, Anda kemudian dapat mengambil dan mengeluarkan dari masakan Anda tadi, karena sebagian besar nutrisi dari BAwang tadi telah larut dalam kuah masakan Anda tadi..

Anda juga dapat membuat teh dari kulit Bawang, gunakan kantung  teh dan seduh Kulit Bawamg ini dalam air mendidih.

 

sumber: http://raisingnaturalkids.com/use-those-onion-and-garlic-skins/

Check Also

6 Makanan Alami Untuk Mengatasi Pendarahan Berlebih Saat Menstruasi Pada Wanita

Siklus menstruasi seorang wanita kadang jadi sangat menyakitkan akibat gangguan tertentu pada organ reproduksinya. Tak ...

...