Home / Artikel Kesehatan / Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Ibu hamil memiliki kebutuhan akan nutrisi yang lebih kompleks dibandingkan dengan sebelum hamil. Begitu pula jika anda telah memasuki masa setelah melahirkan dan menyusui. Nutrisi yang lebih banyak dan kompleks ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan kesehatan ibu dalam menghadapi perubahan di tubuhnya.

Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan
Anda patut mencoba mengkonsumsi buah kurma untuk melengkapi asupan nutrisi tersebut. Buah kurma sendiri memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, nifas, dan menyusui. Beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil adalah bisa melancarkan sistem pencernaan. Manfaat buah kurma ini sangat baik dalam mencegah sembelit atau konstipasi dan menghindarkan ibu hamil dari bahaya ambeien akibat BAB keras dan tidak lancar.

Rasa penasaran dan ingin tahu tentang kurma. Saya akhirnya membuat studi kecil-kecilan. Sangat kecil-kecilan. Saya ingin tahu kenaikan HB yang sangat penting pada kehamilan itu jika bumil.mengkonsumsi kurma. Di ujungnya nanti saya ingin tahu bagaimana proses persalinan bumil yang rutin mengkonsumsi. Bahkan efeknya pada ASI.

Evidence base nya adalah hasil penelitian yg di muat di jurnal obsgyn. Hasil penelitian itu bagus banget. Hanya menurut ‘umur’ penelitian, sudah cukup tua sehingga saya ketar-ketir tidak bisa saya pakai nantinya karena sudah lebih dari 5 tahun yang lalu. Bayangkan ya…5 tahun saja sudah dianggap tua dan terancam dianggap kuno. Betapa ilmu kebidanan ini sangat berkembang…. Seharusnya penelitian terupdate yang dipakai sehingga bertambah ilmu, pengetahuan dan wawasan kita.

Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Kembali ke cerita…
Beberapa hari lalu, seorang ibu bersalin di tempat saya. Beliau salah satu bumil yang ikut studi saya tentang kurma. Patuh. Setiap hari selalu mengusahakan makan kurma. Berusaha. Karena saya tahu bahwa untuk itu tidak mudah. Motivasi dan disiplin.

Beruntungnya beliau dimudahkan. Semangat ikut kelas maryam setiap ahad di tempat saya. Karena pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan juga, maka si ibu bertekad lebih baik. Suaminya menceritakan bahwa si ibu menjadi trauma berat sehingga sangat pemilih pada tenaga kesehatan.

HB terpantau. Dan teori bahwa di usia kehamilan 30mingguan, HB ibu turun juga terbukti. Sempat si suami panik. Kenapa? Padahal konsumsi kurma dan makanan lainnya tetap berjalan. Namun akhirnya menjelang bersalin HB nya melonjak tinggi. Alhamdulilah.

Persalinannya? Alhamdulillah cepat. Datang jam 8 an malam dengan pembukaan 4. Dan jam 10 malam bayi laki-laki 3,1 kg lahir sehat selamat InsyaAllah hanya dengan sekali meneran. Bayinya tidak besar seperti kekhawatiran kebanyakan ibu karena kurma yang manis. Perdarahan sedikit.

Sesuai dengan hasil penelitian yang dimuat di jurnal obsgyn bahwa ada 5 hasil dari ibu hamil yang rutin konsumsi kurma sejak usia 36 minggu sebanyak 6 butir sehari yaitu:
1. Dilatasi serviks atau penipisan mulut rahim lebih cepat.
2. Selaput ketuban lebih kuat yang berarti angka Ketuban Pecah Dini (KPD) kecil. KPD biasanya akan berakhir dengan induksi persalinan atau bahkan caesar.
3. Angka persalinan normal lebih tinggi. 96% ibu yang mengkonsumsi kurma bersalin spontan. Artinya tanpa alat bantu, hanya dengan tenaga ibu. Artinya sangat minim intervensi.
4. Hanya memerlukan sedikit oksitosin. Karena kurma memiliki oksitosin alami.
5. Kala 1 lebih pendek. Pembukaan 1-10 lebih cepat pada ibu yg mengkonsumsi kurma. 8,5 jam berbanding 15 jam.

Catatan: saya memberikan kurma sejak awal kehamilan dan sebanyak 7 butir sesuai sunnah yang dimakan di pagi hari sebelum sarapan. Hasilnya banyak keluhan bumil yang dapat diminimalisir. Sembelit, mual muntah dapat berkurang. Ini multivitamin alami. Saya merekomendasikan sejak remaja, teratur mengkonsumsinya. Bahkan program hamil.
Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Lihat tabel kandungan nutrisi kurma. Ada berapa macam zat gizi yang dikandungnya? Semua itu diperlukan tubuh. Karenanya kurma disebut perfect fruit.

Makan Kurma Lancarkan Proses Persalinan

Ini catatan saya. Silahkan share jika bermanfaat. Semoga urusan ibu dimudahkan, kehamilan dan persalinan yang dimudahkan dan semua proses itu semakin mendekatkan diri ibu pada Allah. Generasi sholih insyaAllah…

‪#‎PERSALINANMARYAM‬

sumber:
https://www.facebook.com/yayuabi/posts/10201325461694587

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...