Home / Artikel Kesehatan / Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Apakah Anda tiba-tiba sering dirasakan oleh rasa nyeri diwajah, meskipun hanya sentuhan kecil di wajah atau juga saat menyikat gigi dan  bercukur? Nyeri wajah yang terjadi  ini adalah penyakit neuropatik disebut Trigeminal Neuralgia,  sebuah rasa sakit yang mengerikan dari saraf trigeminal di kepala. Saraf trigeminal adalah saraf kranial kelima dan terbesar, yang dimulai jauh di dalam otak dan menyampaikan sensasi seperti tekanan, suhu, sentuhan, rasa sakit dari wajah ke otak. Saraf ini juga bertanggung jawab untuk peran otot yang terlibat dalam mengunyah. Jenis rasa sakit wajah menjadi jelas karena penyimpangan dari serabut saraf yang membawa sensasi saraf atau anomali selubung myelin yang merupakan lapisan yang menutupi saraf. Trigeminal Neuralgia terjadi terutama pada orang di atas usia 50, tetapi dapat terjadi pada semua usia bahkan anak-anak, dan lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Trigeminal Neuralgia adalah suatu jenis kelainan dimana ditandai dengan adanya nyeri wajah di satu sisi, nyeri tajam dan hilang timbul kadang sampai mengganggu aktifitas. Karena lokasi nyeri sering di sekitar mulut dan pipi, kelainan ini banyak dikaitkan dengan masalah di gigi maupun di sinus. Padahal sebenarnya nyeri berasal dari saraf yang teriritasi atau tertekan.

Saraf trigeminal atau saraf ke-5 adalah saraf yang berhubungan dengan kelainan ini. Secara normal sarat trigeminal ini mensarafi area wajah, gusi, mulut maupun hidung. Sehingga bila saraf ini mengalami iritasi ama area diatas yang terkena efeknya berupa rasa tebal sampai nyeri berat. Gejala khas lainnya biasanya nyeri timbul setelah diprovokasi, misalnya setelah wajah disentuh, saat sikat gigi, mengunyah, terkena angin bahkan saat memakai make up di wajah.

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Saraf trigeminal ini mempunya 3 cabang di wajah :

Cabang ophtalmik (area wajah)
Cabang maksilaris ( area rahang atas )
Cabang mandibularis (area rahang bawah)

Tergantung cabang yang terkena maka tempat nyeri juga sesuai dengan area wajah tertentu. Trigeminal Neuralgia bisa terjadi pada semua umur, tetapi yang tersering pada usia diatas 50 tahun. Nyeri akibat trigeminal neuralgia ini biasanya semakin lama semakin memberat, walaupun sudah meminum obat secara teratur dan dosis sudah maksimal. Hal ini sering mengganggu penderita, bahkan kadang obat yang diminum sudah menimbulkan efek samping.

Da beberapa penyebab Trigeminal Neuralgia, yang paling sering adalah akibat penekanan oleh pembuluh darah disekitar saraf trigeminal ( sekitar 95% ). Penyebab lainnya adalah tumor dan penyakit multiple sclerosis.

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Gejala neuralgia trigeminal dapat berupa:

1. Sesekali kedutan yang menyebabkan nyeri ringan
2. Nyeri yang menusuk-nusuk seperti sengatan listrik
3. Serangan nyeri yang dipicu oleh hal-hal seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara dan menyikat gigi
4. Nyeri selama beberapa hari, minggu, bulan atau lebih lama
5. Nyeri pada pipi, rahang, gigi, gusi, bibir, atau kurang sering mata dan dahi
6. Sakit di satu sisi wajah
7. Nyeri terfokus di satu tempat atau menyebar dalam pola yang lebih luas

Penanganan awal kasus Trigeminal Neuralgia adalah obat-obat penghilang nyeri, pada sebagian besar kasus cukup efektif menghilangkan gejala. Tetapi penggunaan obat-obatan ini harus dimonitor karena penggunaan secara lama dan dosis yang tinggi dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Nah berikut ini adalah Pengobatan Herbal alami untuk penyakit nyeri wajah atau Trigeminal Neuralgia.

  1. Kava Atau Daun Wati (Papua)

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Tersebar di kepulauan pasifik. Bari mirip dengan tanaman sirih,bedanya tanaman sirih sifat pertumbuhannya menjalar sementara Bari tumbuh tegak.

Di Indonesia Bari banyak terdapat di pulau Papua terutama di Kabupaten Merauke. Suku malind (penduduk asli yang mendiami kabupaten Merauke) mengonsumsinya sebagai minuman tradisional yang dapat membuat mabuk. Dalam bahasa setempat (bahasa Malind) disebut “Wati”. Wati biasanya di-konsumsi saat ritual-ritual adat.

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya
Secara klinis ,tanaman Kava-kava telah diujicobakan pada hewan percobaan dan dapat menimbulkan efek.  Sebenarnya belum ada suatu teori yang mendukung kuat tentang efek Kava-kava terhadap sistim saraf pusat. Namun, ada suatu hipotesis yang menyebutkan bahwa kava-kava bekerja pada reseptor GABA di otak. Atas dasar itu maka tamana kava-kava dapat dijadikan sebagai obat anti kejang.

Ramuan ini bertindak sebagai analgesik dalam berbagai bentuk nyeri termasuk nyeri saraf. Hal ini juga antispasmodic di alam. Jadi ramuan ini bisa sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dari neuralgia trigeminal. Aksi sedatif kava kava akan membantu mengurangi rasa sakit serta stres.

2. Wood Betony

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya
merupakan Tanaman yang sangat menarik ,dengan bunga berwarna ungu tumbuh seperti sekumpulan daun . wood betony dapat melancarkan sistem syaraf,terutama sakit kepala dan daya ingat yang lemah. dapat melancarkan peredaran darah ke otak dapat menyembuhkan migrain dan ini sangat terkenal di eropa

3. Akar manis atau ‘Licorice’

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Akar manis atau ‘Licorice’ atau ‘Liquorice’ adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “akar manis”.

Bagian yang paling terkenal dari licorice adalah akarnya. Akar tanaman dengan nama latin Glycyrrhiza glabra ini disebut juga akar manis karena memang manis. Akar licorice sendiri mempunyai sistem akar bercabang. Akar tanaman ini disebutkan mempunyai bentuk yang panjang berbentuk silinder atau bulat.

Akar tanaman ini seperti serabut kayu dan berkerut sama seperti kayu dan akar licorice.

cukup efektif dalam mengobati kejang otot dan meringankan perasaan tidak nyaman atas sakit trigeminal neuralgia.

4, Cayenne Lada /Cabe merah

Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Ekstrak caynne/ lada telah digunakan sejak  lama untuk mengobati berbagai macam rasa sakit. Hal ini juga berguna untuk mengobati nyeri saraf.Telah terlihat bahwa cayenne lada mengurangi jumlah bahan kimia yang digunakan oleh sel-sel saraf untuk mengirimkan sinyal rasa sakit. Namun, untuk mendapatkan efek yang diinginkan Anda harus mengonsumsinya selama beberapa minggu

5. jus Alpukat kombinasi Wortel

Kombinasi wortel jus alpukat akan memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan yang diperlukan untuk mengobati neuralgia. Sementara alpukat kaya akan Vitamin B3, Vitamin B5 dan asam folat. Penambahan suplemen wortel dengan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6 dan asam folat. Vitamin B1 (Thiamin) memelihara sistem saraf dan meningkatkan aktivitas otak yang sehat dan memori. Vitamin B2 (Riboflavin) kekurangan yang mengganggu penyerapan zat besi.
Nyeri wajah Bisa jadi Neuralgia Trigeminal, Ini Herbalnya

Vitamin B3 (Niacin) membantu menjaga sistem saraf, membantu dalam sintesis berbagai hormon dan bekerja sebagai antioksidan. Vitamin B5 (Pantothenic acid) membantu untuk memproduksi hormon steroid. Vitamin B6 juga penting untuk berfungsinya sistem saraf, fungsi hormon dan juga kekebalan asam hadir system.Folic di kedua membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah cacat tabung saraf. Vitamin A meningkatkan pembuatan sistem kekebalan tubuh lebih cepat sembuh. Vitamin C membantu dalam pembentukan hormon stres. Semua nutrisi ini bersama-sama membantu dalam berfungsinya sistem saraf dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

sumber : http://www.searchhomeremedy.c**/9-best-home-remedies-for-trigeminal-neuralgia/

Check Also

Mentahnik Bayi dan Manfaatnya dalam Perspektif Ilmu Kedokteran dan Fitrah Islam

Mentahnik Bayi dan Manfaatnya dalam Perspektif Ilmu Kedokteran dan Fitrah Islam imam Bukhari meriwayatkan dalam ...

...