Home / Artikel Kesehatan / Ayam Amerika Ternyata Memicu Kanker, Bagaimana Ayam Indonesia??

Ayam Amerika Ternyata Memicu Kanker, Bagaimana Ayam Indonesia??

“Ayam Dari Amerika Pemicu Kanker, Bagaimana Dengan Ayam di Indonesia ???”

FDA akhirnya mengakui daging ayam yang dijual di Amerika mengandung arsenik penyebab kanker. Setelah bertahun-tahun masalah ini disembunyikan dan ditutup-tutupi akhirnya FDA sbagai lembaga berwenang untuk obat dan makanan di Amerika / BPOM nya amerika telah mengakui bahwa daging ayam yang dijual di Amerika Serikat mengandung arsenik, bahan kimia beracun penyebab kanker yang fatal dalam dosis tinggi.

Dari mana arsenik ini berasal ? ternyata berasal dari pakan ayam tersebut. Lebih buruk lagi, FDA mengatakan penelitian sendiri menunjukkan bahwa arsenik yang ditambahkan ke pakan ayam itu akan tertimbun di daging ayam di mana itu juga dikonsumsi oleh manusia. Jadi selama enam puluh tahun terakhir, konsumen Amerika yang makan ayam broiler telah menelan arsenik, bahan kimia penyebab kanker yang dikenal luas. Itulah kemungkinan kenapa angka kematian akibat kanker di amerika cukup tinggi.

Saat ini produsen dari produk pakan ayam terbesar di Amerika yang dikenal dengan merk Roxarsone telah memutuskan untuk menarik produk dari toko-toko. Secara teknis, perusahaan membuat pakan ayam Roxarsone merupakan anak perusahaan dari Pfizer, yang disebut Alpharma LLC. Meskipun Alpharma sekarang telah setuju untuk menarik bahan kimia beracun ini dari Amerika Serikat, namun mereka ia tidak akan menghapusnya dari produk pakan di negara lain kecuali dipaksa oleh regulator setempat untuk melakukannya.

Lalu bagaimana dengan daging Ayam di Indonesia ??

Ada yang perlu diperhatikan dari pernyataan Ketua Umum Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), Ade M Zulkarnain.

Ade menghawatirkan ayam broiler impor mengandung arsenik. Karena, lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, (Food and Drug Adiministration, FDA) menyebutkan 70% ayam di negara itu mengandung arsenik yang membahayakan kesehatan manusia.

“Ayam broiler di Indonesia berkemungkinan mengandung arsenik. Karena, Indonesia masih mengimpor ayam tersebut dari Amerika,” ujar Ade.

Seperti diketahui, arsenik atau arsenikum adalah bahan beracun yang bisa menyebabkan serangan akut, seperti kanker kulit, muntah, diare, dan bisa menyebakan kematian meski dikonsumsi dalam kadar rendah.

Bahan berbahaya ini biasanya digunakan sebagai pestisida, herbisida, insektisida, dan bahan aloy lain. Aktivis hak asasi manusia Munir mengembuskan napas terakhirnya karena diracun oleh orang biadab dengan arsenik.

Menurut Himpuli, sebanyak 92% bibit ayam broiler di impor dari Amerika. Pada 2014, Indonesia mengimpor ayam Broiler mencapai 2,3 miliar ekor. Himpuli memperkirakan impor ayam broiler tahun ini naik menjadi 3 miliar ekor.

Ade mengungkapkan, arsenik pada ayam broiler di Amerika Serikat berasal dari pakan ayam yang menggunakan roxarsone. Ia mengkhawatirkan bahan baku ayam di Indonesia juga menggunakan roxarsone karena 75% bahan baku pakan berasal dari Amerika Serikat.

Salam sehat,
dr. Wahyu Triasmara (DrW)

Sumber : Fb Dr Wahyu Triasmara

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...