Home / Artikel Kesehatan / Balita / Bayi Anda Rewel Tanpa Sebab Coba Cek Jari- Jarinya Mungkin “Hair Tourniquet Syndrome”

Bayi Anda Rewel Tanpa Sebab Coba Cek Jari- Jarinya Mungkin “Hair Tourniquet Syndrome”

Bagian yang paling membuat frustrasi orangtua adalah mencari tahu mengapa bayi menangis terus menerus. Padahal sudah diberi makan, beristirahat cukup dan sehat, sehingga orang tua bingung apa yang salah? Menurut sebuah laporan online, rambut liar bisa menjadi alasan untuk rasa sakit mereka!

pernah dengar istilah “hair tourniquet”

Ini Nyata dan benar – rambut liar mengikat sendiri di sekitar jari kaki bayi dan membentuk “rambut tourniquet” yang dapat menghentikan suplai darah di bagian itu, mengiris melalui kulit dan menyebabkan rasa sakit untuk bayi. Parenting dan pengembangan pemuda ahli Dr. Debi Gilboa mengatakan pada TODAY.com bahwa tourniquet rambut adalah salah satu dari banyak risiko yang dihadapi anak-anak, tapi tidak banyak orang tua tahu tentang hal itu. “Ini adalah sesuatu yang semua ,” katanya. Sebuah tourniquet rambut terjadi karena banyak orang tua memiliki rambut panjang dan bayi cenderung untuk mengambil atau menariknya  itu bisa berakhir di tempat-tempat seperti popok atau kaus kaki mereka tanpa Anda [bahkan] memperhatikan. Gunakan sesuatu seperti jepit rambut, jadi tipis dan tidak tajam, geser antara rambut dan kulit dan itu muncul langsung dari. Jika Anda merasa tidak nyaman hubungi dokter Anda. ”

Jari kaki hampir selalu tertutup, sehingga rambut-rambut ini bisa menjadi terjebak dalam kaus kaki dengan mudah. Popok bisa menjadi masalah juga, sehingga Anda juga perlu memeriksa daerah itu juga. Setelah Anda melihatnya, keluarkan perlahan-lahan dan menangis akan berhenti.

kasus ini muncuat dan jadi Viral

Pada September 2015 pasangan suami istri Scott dan Jessica Walker membawa pulang bayinya, Molly, ke rumah setelah sempat dirawat karena lahir prematur. Tak berapa lama saat keluarga sedang piknik, Molly menangis dan Scott merasa ada satu yg ‘berbeda’ dari tangisan anaknya.

“Karena Molly menangis hebat tubuhnya akan panas sehingga Jessica melepas kaus kakinya. Saat itulah kita melihat satu di jari kakinya,” kata Scott seperti dikutip dari halaman Facebooknya pada Jumat (5/2/2016).

Jari kaki Molly bengkak berwarna merah karena terlilit oleh sehelai rambut yg berada di kaos kaki. Karena kulitnya yg masih rentan dan sensitif sehelai rambut tersebut mampu mencekik dalam memutus aliran darah, sebuah keadaan yg disebut hair tourniquet.
Studi yg dipublikasi di tahun 2006 menyebut hair tourniquet sebetulnya adalah keadaan yg umum terjadi namun jarang dilaporkan. Bila orang tua atau dokter gagal mengenalinya dengan cepat maka sang bayi dapat terancam mengalami amputasi atau infeksi.

“Rasanya sangat sakit dan perlu ditangani secepatnya,” kata dr Julie Gallombardo dari departemen anak New York University Langone Medical Center.

Pada masalah Molly beruntung Scott dan Jessica mampu mengenali persoalan dengan cepat dan mencabutnya menggunakan pinset. Di halaman Facebook Scott bercerita tentang kisah mereka dengan agar orang tua yang lain lebih waspada terhadap keadaan ini.

“Sayangnya rambut itu telah berhasil memotong masuk ke dalam kulit Molly, benar-benar memutar di jari kakinya. Tapi kejadian ini mampu saja jadi lebih buruk lagi kalau tidak cepat ditangani atau seandainya rambut itu tidak dapat diakses,” tutup Scott.

Pernahkah Anda melihat masalah ini sebelumnya? Apakah dokter anak Anda sudah memperingatkan Anda tentang hal ini?

Share artikel ini semoga semakin banyak yang tahu
video

Sumber: http: //tiphero.com/hair-tourniquet/

Check Also

Menggunakan AC Di Kamar Bayi, Sehatkah?

Sebagai orangtua menjaga bayinya tetap merasa nyaman adalah menjadi tugas mereka. Rasa Kasih sayang sebagai ...

...