Home / Artikel Kesehatan / Belum Tahu Kan? Kangkung Ternyata Bisa Mengobati Keracunan Makanan!

Belum Tahu Kan? Kangkung Ternyata Bisa Mengobati Keracunan Makanan!

Keracunan makanan kadang tak dapat dihindari, larena kelalaian ataupun ketidaksengajaan seperti kurang menjaga kebersihan dan kesalahan pengolahan makanan. Ini merupakan terjadinya peradangan akut pada selaput lendir pencernaan yang terjadi akibat masuknya makanan yang telah tercemar bakteri.

Penanganan yang tepat dapat mengatasi masalah keracunan makanan ini, namun sebaliknya jika keracunan makanan tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada maut. Gejala keracunan makanan antara lain adalah mual, kejang dan nyeri perut secara tiba-tiba, muntah dan diare, juga lemah. Jika ini tak segera ditolong maka korban dapat mengalami syok.

Kangkung dapat menjadi pertolongan bagi mereka yang mengalami keracuna makanan. Ipome reptans (nama latin dari tanaman Kangkung) ini memiliki sifat menyerap racun dan sedativ (penenang). Sifat ini juga yang kadang membuat seseorang jadi mengantuk setelah menyantap kangkung. Kangkun sebagai penetral racun secara empiris telah diteliti di Burma dan India. Kapoor pada tahun 1980 telah meriset kangkung sebagai penetralisir racun dalam tubuh secara etnobotani berdasarkan pengalaman penduduk di Andhra Pradesh, India. Riset yang tertuang dalam buletin Medico Ethnobotanical Research volume 1 itu memperlihatkan kemampuan kangkung mengobati orang yang keracunan arsenik, bahkan juga opium yang masuk ke dalam tubuh.

Cara menggunakan Kangkung untuk mengatasi keracunan makanan yaitu dengan mencuci bersih Kangkung, lalu di blender dengan segelas air matang. Lalu saring airnya dan minum 2 gelas sari Kangkung tersebut untuk hasil yang diharapkan.

Check Also

5 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Wanita Hamil

Menjaga tubuh terhidrasi selama kehamilan sangat penting. Ibu hamil sangat disarankan untuk membiasakan minum satu ...

...