Home / Apotik Hidup / Biji Selasih Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes dan Perbaiki Pencernaan

Biji Selasih Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes dan Perbaiki Pencernaan

Biji selasih yang biasa ditambahkan dalam minuman dingin ini bisa diperoleh dari biji bunga kemangi yang dikeringkan. Untuk memperoleh manfaat selasih, biji selasih kering direndam dengan air dingin atau hangat sekitar satu jam hingga biji-biji mengembang dan terbentuk selaput bening di pinggir biji-biji selasih itu. Kalau sudah demikian maka biji selasih siap digunakan sebagai campuran minuman dingin seperti es buah, jus, teh, dan jelly atau puding.

Biji selasih, seperti halnya biji bunga matahari dan biji wijen, kaya akan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan serat. Sudah jaman dahulu selasih digunakan sebagai obat herbal pereda gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, sembelit dan diare.

Biji selasih ternyata juga dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, menurut Sutter Gould Medical Foundation. Ini disebabkan karena selasih mampu menjaga gula darah tetap stabil dan membantu mengurangi nafsu makan. Selain mengenyangkan karena kaya serat, biji selasih juga baik bagi usus karena membantu memperlambat konversi pati menjadi gula, dan mengurangi penyerapan racun. Tiga studi di Thailand bahkan menyebutkan, biji selasih bermanfaat mengobati sembelit, diabetes dan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Berikut adalah manfaat Biji Selasih untuk pengobatan secara alami:

Biji Selasih untuk mengobati gangguan pencernaan

Biji Selasih memiliki sifat karminatif, ini dapat membantu mengobati gangguan pencernaan seperti kram perut, perut kembung, sembelit, buang air besar tidak teratur dan gangguan pencernaan. Untuk mengatasi radang lambung Kita dapat merebus 5 gram biji selasih dengan 200 cc atau segelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum saat masih hangat 2 kali sehari, masing – masing 100 cc.

Biji Selasih untuk Mengobati Flu, Batuk, pilek dan gangguan pencernaan

Biji selasih juga berkhasiat membantu meredakan influenza dan demam. Sifat antispasmodik pada selasih dapat mengobati batuk rejan. Bahkan, selasih adalah bahan utama dalam banyak obat ekspektoran/ pengencer dahak dan obat batuk. Biji selasih yang  dicampur dengan jahe dan madu dapat menjadi obat alami untuk asma, batuk, pilek, influenza dan bronkitis. Kita dapat menggunakannya dengan cara merebus bahan-bahan tersebut dengan segelas air. Ambil sarinya, dinginkan dan minum.

Biji Selasih untuk terapi penghilang stress

Konsumsi secara rutin biji selasih dapat memberikan efek menaikkan suasana hati, selain menghilangkan kelelahan, ketegangan saraf, depresi dan migrain. Efek menenangkan biji selasih banyak digunakan sebagai bahan aromaterapi. Seduh 5 gram biji selasih dengan 200 cc air panas, kemudian minum airnya setiap hari. Sekali minum 2 sendok teh untuk mendapatkan khasiat penenang dari biji selasih ini.

Biji Selasih untuk mengobati infeksi kulit

Biji selasih yang dihancurkan menjadi minyak dapat membantu mengobati infeksi seperti luka dan infeksi kulit. Berikut caranya, haluskan biji selasih secukupnya. Kemudian tambahkan air dingin secukupnya pada biji selasih yang sudah menjadi bubur tersebut dan aduk hingga menjadi bubur. Balurkan ke kulit wajah diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 1 kali sehari untuk hasil maksimal.

Biji Selasih sebagai Herbal Kecantikan

Caranya sebagai berikut, Tumbuklah biji selasih, lalu tambahkan air bersih secukupnya. Gunakan sebagai lulur pada wajah.    Lakukanlah 1 hari sekali.

Biji Selasih untuk mengObati Sakit Gigi

caranya: Ambilah 10gr biji selasih, kemudian direbus bersama 4 butir cengkeh hingga mendidih. Selagi hangat minumlah air tersebut sambil dikumur-kumur.

Biji Selasih untuk mengObati Sakit Kepala

Untuk menggunakan biji selasih sebagai obat sakit kepala caranya 5gr biji selasih direbus bersama 15gr jahe dan 15 buah angco dalam air sebanyak 400cc hingga mendidih. Saringlah ramuan tersebut, minumlah selagi hangat.

Selamat mencoba! Salam Sehat Alami!

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...