Home / Artikel Kesehatan / Daftar Makanan Yang Dapat Merubah Suasana Hati

Daftar Makanan Yang Dapat Merubah Suasana Hati

Berikut ini adalah asupan makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati seseorang menjadi lebih baik :

1. Suasana hati sedang sedih, depresi, stress, kecewa
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 jika sedang sedih. Bahan makanan ini akan meningkatkan suasana hati serta akan membantu untuk mengatasi tekanan sehingga tidak semakin terlarut dalam kesedihan yang sedang alami.
Telur, berbagai jenis ikan kaya akan Omega-3 atau belilah kapsul omega 3 yang banyak dijual dipasaran.

Cokelat akan membantu untuk mengatasi kesedihan yang sedang dialami dan mengembalikan suasana hati menjadi gembira. Di dalam cokelat, terkandung sebuah bahan kimia yang dapat membantu untuk menenangkan diri, dan dapat membuat hati menjadi bahagia.
Konsumsi juga madu sebab mengandung zat mencegah depresi (anti depresan)

Yoghurt. Kekurangan vitamin D terkait dengan kondisi depresi. Vitamin ini memiliki fungsi mengefektifkan penyerapan kalsium, zat yang juga berperan mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Yoghurt banyak mengandung vitamin D.

Blueberry, stroberi, raspberry mengandung anthocyanidins dan anthocyanins – nutrisi yang membantu mengurangi stres dan depresi.

Buah seperti jeruk, jeruk nipis dan lemon kaya kandungan vitamin C yang bisa mengurangi stres, simpul penelitian dalam jurnal Psychopharmacology pada 2002.

Pisang mengandung asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan mendukung proses pengubahan triptofan menjadi hormon serotonin. Hormon inilah yang memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi depresi, insomnia, dan kecemasan. Kandungan lainnya yang tidak kalah penting dalam meredakan stres atau lelah adalah kalium.

2. Sedang takut, tidak tenang/cemas
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan folat jika sedang takut atau tidak tenang terhadap sesuatu. Folat akan membantu untuk mengatasi perasaan tidak tenang yang sedang dialami.Alpukat, asparagus adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan folat.

Kacang, telur dan sayuran hijau adalah Makanan yang mengandung vitamin B mampu menciptakan neurotransmitter seperti serotonin dalam tubuh yang membantu pikiran lebih tenang dan mengurangi rasa cemas

Lebih baik menghindari kopi dan menggantinya dengan teh herbal yang akan memberi ketenangan dan membuat menjadi lebih rileks saat sedang gugup, cemas dan bingung. Seseorang akan lebih tenang dan relaks serta kegugupan akan berkurang ketika mengkonsumsi secangkir teh hangat. teh hijau tinggi akan theanine, antioksidan yang bertindak sebagai alat penenang.

3. Sedang marah
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zinc yang dapat membuat lebih tenang. Karena zinc dapat membantu untuk meredakan kemarahan dan mengendalikan emosi.
Makanan laut, produk susu, gandum-ganduman, dan kacang-kacangan adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan zinc.

4. Tidak bergairah/selalu lesu dan lemah, trauma putus cinta.
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung arginine, zinc, niacin dan selenium ketika. Karena beberapa makanan tersebut akan membuat seseorang semakin ceria dan akan membuat gairah hidup bertambah.
Afrodisiak adalah sebutan untuk makanan jenis ini. Karena jenis makanan ini dapat membangkitkan gairah dalam hal yang berhubungan dengan cinta. Tiram, kuaci labu, cokelat, cabai, alpukat, daging kambing dan berbagai jenis ikan adalah berbagai jenis makanan yang dapat membangkitkan gairah Anda.

5. Selalu tidak percaya diri

Para peneliti yang berasal dari McGill University, Monteral mengatakan bahwa makanan yang mengandung tryptophan adalah jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Ikan (terutama tuna dan salmon) dan daging (terutama ayam) adalah beberapa jenis makanan yang menjadi sumber tryptophan.

Dirangkum oleh : Perdana Akhmad Lakoni, S.Psi
(Founder QHI, Dewan pembina Rehab Hati, Pengurus Pusat ARSYI)

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...