Home / Artikel Kesehatan / Deteksi Penyakit Dengan Meraba Leher Anda, Segera Ketahui Apa yang Menginfeksi Anda!

Deteksi Penyakit Dengan Meraba Leher Anda, Segera Ketahui Apa yang Menginfeksi Anda!

Hal ini dapat cukup mengejutkan bagi kebanyakan orang saat menemukan pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Adalah sangat umum menemukan kelenjar getah bening di leher, di sekitar kepala, daerah ketiak, dan selangkangan. Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa membuat benjolan di belakang telinga.

Tapi apa itu kelenjar getah bening? Itu adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan limfatik yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Mereka adalah, kelenjar berbentuk kacang kecil yang membawa nutrisi, cairan, dan limbah antara aliran darah dan jaringan tubuh. Secara umum, kelenjar getah bening tidak menyakitkan, dan Anda mungkin bahkan tidak akan merasakannya.

Masalahnya adalah ketika kelenjar getah bening membengkak. Kondisi ini juga kadang-kadang disebut bengkak kelenjar, limfadenitis, atau limfadenopati.

Penyebab bengkak Kelenjar Getah Bening

Suatu hari mungkin Anda menemukan benjolan kecil di leher Anda. Benjolan ini tampak tidak ada yang serius dengan itu, tapi kadang-kadang bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih besar. Ketika kelenjar getah bening membengkak di lokasi tertentu seperti leher, bisa menunjukkan infeksi ringan seperti flu biasa, atau sesuatu yang lebih serius seperti cedera, peradangan, atau bahkan kanker. Berikut ini adalah potensi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di leher:

# Virus: Termasuk herpes, human immunodeficiency virus (HIV), flu biasa, campak adenovirus, cacar, dan infeksi mononucleosis (mono).

# Bakteri: Termasuk staphylococcus, streptokokus, penyakit kucing mencakar, sifilis, klamidia, TBC, dan penyakit menular seksual lainnya.

# Penyakit jamur: Termasuk histoplasmosis dan coccidiomycosis.

# Parasit: Parasit terkait dengan pembengkakan kelenjar getah bening termasuk leishmaniasis dan toksoplasmosis.

# Penyebab inflamasi: penyebab inflamasi kelenjar getah bening meliputi lupus, rheumatoid arthritis, dan sensitivitas terhadap obat tertentu.

# Kanker: Kanker terkait dengan pembengkakan kelenjar getah bening termasuk kanker paru-paru, limfoma dan leukemia.

# Penyebab lain dari pembengkakan kelenjar getah bening di leher termasuk penolakan transplantasi cangkok, sarkoidosis, dan penyakit penyimpanan lipid genetik.

Cara Mengenali bengkak Kelenjar Getah Bening

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang bengkak di leher? pembengkakan kelenjar getah bening dapat muncul sekecil kacang atau sebesar ceri. Penting untuk dicatat bahwa pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu tanda penyakit. Misalnya, kelenjar getah bening mungkin normal jika mereka dalam ukuran kurang dari satu sentimeter . Namun, ketika mereka membengkak, ukurannya akan dua atau tiga kali dari normalnya. Apa gejala lain yang berhubungan dengan kelenjar getah bening kelenjar bengkak?

# Hangat, bengkak, dan merah kulit pada kelenjar getah bening benjolan
# Rasa sakit atau nyeri ketika Anda menyentuh mereka
# Gejala infeksi seperti sakit tenggorokan, sariawan, kelelahan, batuk, pilek, berkeringat, menggigil, dan demam

Cara Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar Getah bening mungkin dapat mengecil tanpa pengobatan. Pengobatan diperlukan tergantung pada penyebab gejala. Misalnya, jika kanker dianggap penyebab dari simpul getah bening di leher, biopsi akan membantu mengkonfirmasikan diagnosis. Jika penyebabnya adalah virus atau bakteri, obat antivirus atau antibiotik dapat diresepkan untuk menghilangkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dari sudut pandang holistik, ada juga pengobatan alami yang dapat diberikan untuk pembengkakan kelenjar getah bening:

Obat homeopati: Homeopati dapat membantu mengobati kelenjar kelenjar bengkak seperti solubilis mercurious, Kali muriaticum, natrum miriaticum, belladonna, yodium, silicea, calcarea fluorica, brom, calcarea carbonica, dan zat besi phosphoricum. tingtur homeopati juga akan membantu menguras sistem limfatik dan memicu respon imun. Konsultasikan dengan ahli homeopati untuk obat terbaik berdasarkan gejala Anda.

Obat herbal: Bawang putih adalah obat alami  herbal yang terkenal sebagai anti-inflamasi dan antibakteri yang memerangi infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Bawang putih akan mengurangi pembengkakan dan peradangan ketika kelenjar getah bening bengkak. obat herbal lain yang mengobati kelenjar bengkak dan sistem limfatik termasuk Echinacea, parang, akar licorice, peppermint, kunyit, slippery elm, jahe, goldenseal, daun zaitun, mullein, fenugreek, koloid perak, dan minyak jarak.

Vitamin dan mineral: vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya juga dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan limfatik, termasuk vitamin A dengan karoten, vitamin C dengan bioflavonoid, seng, selenium, vitamin D3 (cholecalciferol), vitamin B12, minyak ikan, dan probiotik .

Berapa lama kelenjar getah bening tetap membengkak? Sering pembengkakan kelenjar getah bening akan hilang dalam beberapa hari. Tapi, kelenjar getah bening juga dapat bengkak lebih lama setelah infeksi awal Anda menghilang. Hal ini sering berlaku untuk anak-anak di mana kelenjar getah bening mengurangi ukurannya, tetapi akan terus tetap dapat diraba selama beberapa minggu.

Kapan waktu yang tepat untuk untuk menemui dokter setelah merasa kelenjar getah bening di leher membengkak? Pastikan untuk mengunjungi dokter jika kelenjar getah bening Anda bersama dengan penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, dan demam, dan tidak ada tanda-tanda infeksi yang jelas. Anda juga harus mempertimbangkan bantuan medis jika Anda sebelumnya dirawat karena infeksi, dan Anda memiliki kelenjar getah bening yang bengkak di leher.

Bagaimana jika Anda memiliki kanker, atau yang sebelumnya dirawat karena tumor? Jika Anda melihat kelenjar getah bening baru di tempat kanker tersebut, segera temui dokter.

Ini adalah ide yang baik untuk mengunjungi dokter jika pembengkakan kelenjar getah bening Anda disertai dengan gejala berikut:

# Kelenjar Getah bening Anda muncul tanpa alasan yang jelas
# Mereka terasa kenyal atau keras, dan mereka padat saat disentuh
# Mereka hadir atau terus membesar selama dua sampai empat minggu
# Anda juga memiliki sakit tenggorokan, dan kesulitan bernapas atau menelan

Perubahan gaya hidup untuk Mengelola bengkak Kelenjar Getah Bening

Ada juga perubahan gaya hidup tertentu dan perawatan alami lainnya yang dapat membantu mengelola pembengkakan kelenjar getah bening. Apa cara lain untuk mengelola pembengkakan kelenjar getah bening?

Kompres Hangat : Terapkan kompres hangat atau basah ke daerah yang terkena beberapa kali per hari.

Terapi pijat: sesi pijat secara teratur dapat membantu mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening dan pembengkakan. Pilihan lain adalah dengan memijat lembut kelenjar getah bening Anda setiap hari selama sekitar 15 menit. Hal ini akan merangsang kelenjar getah bening untuk meningkatkan fungsi limfatik. Anda juga dapat memijat kelenjar getah bening Anda dengan minyak pembawa seperti jojoba, almond manis, oregano, dan minyak kayu putih untuk membantu mengeluarkan aliran dan mengurangi peradangan.

Latihan: Ini juga merupakan ide yang baik untuk berolahraga setidaknya lima hari setiap minggu selama 30 menit sehari. Latihan akan meningkatkan aliran sistem limfatik. Contoh latihan untuk pembengkakan kelenjar getah bening termasuk yoga, jalan kaki, atau jogging ringan.

Diet: Diet yang tepat juga sangat penting untuk mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Cara terbaik adalah untuk mengkonsumsi makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa pilihan yang baik termasuk sayuran hijau gelap berdaun, sup kaldu tulang, dan jus sayuran segar diperas. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengurangi gula, susu, dan gandum.

sumber: http://justnaturallyhealthy.**m/2016/03/22/tell-bacteria-parasites-cancer-just-looking-neck/

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...