Home / Apotik Hidup / Jambu Biji Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Jambu Biji Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Jambu biji adalah buah sub tropis dengan rasa manis yang memiliki beberapa sifat penyembuhan. Hal ini dikarenakan pada buah jambu biji  mengandung sangat tinggi vitamin C, A, E, K & dan mineral seperti kalium, tembaga, dan mangan. Bahkan, jambu biji memiliki 5 kali jumlah vitamin C daripada jeruk!

Hal ini pula mengapa jambu biji  juga dikenal dengan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah Kanker usus, kulit, paru-paru, payudara, dan kanker prostat.

Jambu biji merupakan sumber yang kaya likopen dan memiliki hampir dua kali jumlahnya dari tomat. Lycopene dikenal nutrisi penting dalam membantu mencegah kanker prostat, osteoporosis, degenerasi makula, penyakit kardiovaskular, kerusakan kulit, dan penyakit kronis. Jambu biji juga dikenal sangat bermanfaat untuk sembelit, diabetes, tekanan darah tinggi, gastroenteritis, dan penurunan berat badan.

Jambu biji adalah makanan yang sempurna anti-penuaan karena efeknya ialah membantu untuk menjaga agar  kulit tetap halus, bercahaya, dan bebas berkerut. Mereka juga menyediakan sumber energi yang baik dan makanan untuk menjaga tubuh yang kuat dan aktif. Jambu biji yang matang akan  lembut dan memiliki rasa manis, tekstur lembut yang sangat baik enak ketika dimakan segar, atau dijus. jus jambu biji kemasan dapat mudah ditemukan di supermarket dan toko makanan kesehatan dan merupakan pengganti yang baik ketika sulit ditemukan di pasaran buah aslinya.

Daun jambu biji juga memberikan beberapa manfaat obat dan dapat dihancurkan atau dikunyah untuk infeksi gusi atau gigi atau sakit serta digunakan untuk mengurangi lendir di paru-paru dan desinfektan saluran pernapasan.

contoh resep herbal

Jambu Biji Dan Manfaat Untuk Kesehatan

Jambu Biji Untuk atasi demam berdarah

Berikut cara pengolahannya:

– Jambu biji
Cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Blender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji. Minum 3 x sehari sampai DBD sembuh. Atau, langsung dimakan bersama kulitnya. Namun, biji buah jangan ikut dimakan karena dapat menyebabkan usus buntu.

– Daun jambu biji
Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar dan dirajang. Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, saring, dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian :
1. Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.

 

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...