Home / Artikel Kesehatan / Lebih Dalam Tentang Manfaat Black Garlic Atau Bawang Hitam

Lebih Dalam Tentang Manfaat Black Garlic Atau Bawang Hitam

Sejarah Black Garlic
Black garlic atau “Bawang Putih Hitam” menjadi trend kesehatan khususnya untuk obat herbal pada saat ini. Tapi apakah anda tahu darimana dan asal usul Black Garlic ini sehingga populer di kalangan masyarat kita ?.
“MAGIC BLACK GARLIC” adalah bawang putih yang telah di proses secara alamiah pada suhu tertentu dalam wawtu yang lama dan cukup panjang sehingga menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru ,dengan efek farmakologis yang baru itu menjadikan BLACK GARLIC sebagai salah satu bahan herbal yang sagat di butuhkan sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan ,stamina ,dan vitalitas tubuh.
Black Garlic (Bawang Putih Hitam) adalah Hasil fermentasi bawang putih melibatkan suhu yang tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi yang hitam. Rasa nya sedikit manis, bertekstur lembut, gurih dan terasa kenyal.

Lebih Dalam Tentang Manfaat Black Garlic Atau Bawang Hitam

Di negara selain Indonesia, Bawang Putih hitam ini ternyata sudah populer lho, contohnya di Thailand, black garlic sudah turun temurun dijadikan sebagai bahan tambahan pada suplemen makanan dan obat kuat, pada tahun 2008 black garlic pernah memenangi kontes dalam acara tv “Desain dan Gaya Hidup” di Amerika Serikat dan di nobatkan oleh New York Times sebagai bahan alternatif baru untuk makanan kesehatan dan ternyata telah lama digunakan oleh koki Bruce Bukit Bix Restaurant, San Francisco sebagai bahan tambahan pada masakannya.

Black Garlic (Bawang Putih Hitam) Untuk Penyakit Kronis.

popularitas Hitam bawang putih telah menyebar ke Amerika Serikat karena telah menjadi bahan dicari yang digunakan dalam masakan high-end.
Walaupun di Indonesia , Black Garlic masih asing didengar, namun di sejumlah restoran di hotel Jakarta sudah menggunakan Black Garlic atau Bawang Hitam sebagai bumbu andalan dalam hidangan utamanya.

Di Indonesia kabar mengenai bawang hitam ini mulai terdengar tahun 2014 pada festival Rempah dan Kuliner Korea-Indonesia, yang pada saat itu dijelaskan kandungan dan khasiat bawang hitam antara lain ;

Sebagai anti kanker
Kandungan yang terdapat pada bawang hitam menyembuhkan penyakit bisa melawan sel-sel yang mengakibatkan penyakit kanker. Sehingga jika ingin mengkonsumsi bawang hitam cukup campurkan saja pada masakan yang sedang anda masak.

Menurunkan kadar gula
Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Dan untuk mengontrol gula darah yang tinggi anda hanya perlu mengkonsumsi bawang hitam menyembuhkan penyakit. Dalam penelitian sudah di buktikan pada penderita penyakit diabetes dan hasilnya dapat menurunkan kadar gula yang tinggi.Menjaga kesehatan jantung
Jika ingin memiliki jantung yang sehat dan agar seluruh tubuh ikut sehat maka yang anda harus lakukan hanyalah mengkonsumsi bawang hitam menyembuhkan penyakit saja. jika anda tidak terlalu suka dengan rasa bawang hitamnya maka cukup campurkan bawang hitam pada makanan yang ingin anda konsumsi. sehingga rasa dari bawang hitam tidak terlalu terasa pada mulut anda.

Menurunkan kadar kolestrol
Kolestrol sebenar nya baik untuk tubuh. namun jika kadar kolestrol tinggi malah dapat membahayakan kesehatan tubuh, karena dapat memicu penyakit jantung. tetapi tidak usah khawatir lagi jika kadar kolestrol anda tinggi, karena hanya dengan mengkonsumsi bawang hitam maka dapat menurunkan kadar kolestrol anda yang tinggi.

Menurunkan penyakit hipertensi
Penyakit hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi tidak bagus untuk kesehatan tubuh. karena dapat memicu penyakit stroke dan juga penyakit yang lainnya. Namun kandungan yang terdapat pada bawang hitam menyembuhkan penyakit dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita. Sehingga anda terhindar dari penyakit stroke dan lainnya.

Mencegah penuaan dini
Sekarang penuaan tidak hanya bisa terjadi oleh orang lanjut usia saja. namun seseorang yang masih muda pun dan mengalami penuaan, atau biasa di kenal penuaan dini. penuaan dini bisa di sebabkan karena radikal bebas, pola hidup yang tidak sehat, atau dari sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jika tidak ingin mengalami penuaan dini maka anda harus menjaga pola hidup anda dan bisa juga dengan mengkonsumsi bawang hitam menyembuhkan penyakit sebagai tambahan sumplen anda sehari, agar anda terhindar dari penuaan yang lebih awal.

Sebagai anti tumor
Di negara jepang sudah melakukan penelitian oleh bawang hitam pada tikus. Dan hasil yang di hasilkan adalah bawang hitam dapat menyembuhkan penyakit tumor.

Membuang kandungan logam seperti mercuri pada tubuh
Untuk wanita yang suka membeli produk kecantikan yang memutihkan sebaiknya harus lebih waspada. Karena sekarang banyak oknum yang mulai memalsukan produk kecantikan dengan tambahan zat berbahaya seperti mercuri. Namun jika anda sudah terlanjur menggunakannya maka coba buang zat logam berbahaya itu dengan mengkonsumsi bawang hitam karena kandungan yang terdapat bawang hitam menyembuhkan penyakit dapat membantu membuang zat logam pada tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kunci utama agar tidak mudah terserang penyakit adalah memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena daya tahan tubuh berperan penting untuk menyerang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. oleh karena itu konsumsi bawang hitam menyembuhkan penyakit agar kekebalan daya tahan tubuh anda meningkat.
Walaupun bawang hitam baik untuk kesehatan, namun sebaiknya jika anda memiliki alergi dengan bawang putih hindari saja, dan juga jika anda sedang mengalami sakit kepala migrain dan ingin menejalani operasi dalam waktu dekat sebaiknya anda tunda dulu untuk mengkonsumsi bawang hitam.

Tidak baik untuk
1. Orang yang alergi bawang putih
2. Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
3. Orang yang sedang Migrain

Cara Penyimpanan
– Simpan dalam tempat tertutup
– Simpan dalam tempat yang sejuk
– Jauhkan dari daerah yang lembab
– Hindari cahaya matahari secara langsung

BLACK GARLIC (BAWANG HITAM ) HERBAL AJAIB YANG LANGKA,Telah dipakai ribuan tahun oleh bangsa china,jepang dan korea sebagai suplemen kesehatan dan obat untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis DENGAN KHASIAT 20 X LIPAT DIBANDING DENGAN HERBAL LAINNYA DENGAN KEMAMPUAN 4 X LIPAT DENGAN BAWANG PUTIH BIASA,yang sebagai SUPLEMEN KESEHATAN DAN OBAT YANG INSYA ALLOH UNTUK MEMBANTU MENYEMBUHKAN BERBAGAI JENIS PENYAKIT KRONIS TERUTAMA:

-TUMOR
-KANKER
-MYOM
-KISTA DAN SEJENISNYA
-INFEKSI AKIBAT LUKA DAN PERADANGAN
-PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH YANG MENGAKIBATKAN STROKE
-HYPERTENSI
-HYPOTENSI
-KOLESTEROL
-ASAM URAT
-ASAM LAMBUNG
-DIABETES
-GAGAL GINJAL
-GANGGUAN FUNGSI LIVER
-PANKREAS
-JANTUNG
-PARU PARU
-LIMPA
-EMPEDU
-DAN GANGGUAN KESEHATAN LAINNYA.

BLACK GARLIC juga sangat efektif sebagai pembersih darah dan sebagai anti toxin, gatal-gatal,alergi ,anti radikal bebas,anti virus,kuman jamur dan bakteri,anti aging,anti oksidant .dan membantu proses regenerasi sel dan pembentukan HB Darah,Trombosit, sehingga mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang rusak akibat luka pasca operasi,infeksi,dan peradangan.

BAGI PENDERITA GAGAL GINJAL,GANGGUAN FUNGSI LIVER,PANKREAS,JANTUNG,PARU-PARU,LIMPA,EMPEDU,DAN GANGGUAN KESEHATAN LAINNYA….BLACK GARLIC AKAN MENJADI SOLUSI HERBAL PILIHAN YANG SUDAH TERUJI SECARA EMPIRIS DAN KLINIS OLEH PARA TERAPIS KESEHATAN DI SELURUH DUNIA,DISAMPING AMAN DIKONSUMSI SEGALA USIADAN KEADAAN SERTA TANPA EFEK SAMPING APAPUN.

.DEMO””””jika penderita DIABETES DENGAN KADAR GULA TINGGI MEMAKAN SETENGAH BONGGOL BLACK GARLIC TUNGGU 10 MENIT GULA DARAH BISA TURUN HINGGA 70-100 …BISA DI BUKTIKAN !!!!

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari Bawang Putih Hitam adalah :

Anti kanker, menstabilkan gula darah, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, antibakteri, antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh dan anti penuaan.

Bawang Putih Hitam terasa lezat seperti buah jelly yang manis sedikit asam, tidak berbau spesifik seperti bawang putih segar dan tidak menimbulkan iritasi pada usus dan lambung.

Di Korea, bawang putih hitam dikenal sebagai produk kesehatan dan sebagai makanan tambahan (jajanan/cemilan) yang kaya akan antioksidan.

Di Thailand, bawang putih hitam diklaim untuk meningkatkan umur panjang konsumen.
Tahun 2008 Amerika Serikat mulai memproduksi bawang putih hitam dan banyak restoran terkenal di sana yang memakai Bawang Putih Hitam sebagai Bahan Masakan dan Menu Salad.

Petunjuk penggunaan :

2 siung tiap pagi, siang dan malam. Tapi, jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan berat badan, umur dan penyakit konsumen.
Bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak. Tapi, harus minum air putih yang banyak pula.
Jangan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam bila sedang memakai obat anti koagulan atau yang akan menjalani operasi.
Bila sedang migrain jangan mengkonsumsi Bawang Putih Hitam dulu sampai migrainnya pulih.

Penyimpanan : simpan dalam tempat tertutup, jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Khasiat Bawang Putih Hitam (Black Garlic)
Bawang putih hitam (Black Garlic) diperkenalkan sebagai produk kesehatan di Korea dalam legenda Tao. Meskipun tidak ada yang menjamin kalau Bawang putih hitam bisa memberikan hidup yang abadi, namun warga korea percaya dan meyakini bahwa bumbu satu ini bisa memberikan umur yang panjang.

Bawang putih hitam dibuat dari bawang putih yang telah difermentasi pada suhu yang tinggi minimal 40 hari. Teknik ini pun sudah digunakan selama ribuan tahun oleh warga korea.

Rempah antivampir ini sangat lekat hubungannya dengan dapur. Aromanya wangi, cita rasa yang khas membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Di samping itu, bawang putih juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.
Selain bawang putih biasa yang daging bonggolnya berwarna putih, ternyata ditemukan juga bawang putih yang hitam. Memang sedikit meninggalkan tanda tanya, bawang putih, kok bisa berwarna hitam? Tapi, bawang putih hitam ini juga berasal dari bawang putih. Hanya saja bawang putih ini telah mengalami fermentasi sehingga bagian dalamnya berwarna hitam pekat dengan kulit luar berwarna putih kecokelatan seperti hal nya bawang putih biasa.
Dibutuhkan waktu 1 bulan untuk membuatnya menjadi hitam. Saat dicicipi mentah terdeteksi cita rasa yang lebih manis dan tidak meninggalkan rasa pedas di mulut. Karena itu, bawang putih hitam ini pun lebih fleksibel dan cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, termasuk sebagai salad.

Meski tampilannya tidak menarik, bawang ini memiliki kandungan khasiat yang tidak kalah dengan bawang putih reguler. Mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah, dan memiliki S-Allycyteine, senyawa alami yang terbukti untuk dapat mencegah kanker.

Bawang Hitam atau bawang putih hitam adalah jenis bawang putih yang difermentasi dan digunakan sebagai bahan makanan dalam masakan orang – orang Asia. Yang dibuat dengan cara fermentasi umbi seluruh bawang putih pada suhu tinggi, sama dengan proses cengkeh hitam. Rasanya asam manis. Popularitas bawang putih hitam atau bawang hitam atau black garlic telah menyebar sampai Amerika serikat karna menjadi bahan masakan yang sangat dicari bukan hanya karna rasanya melainkan juga khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan.
Sejarah tentang bawang hitam atau black garlic berawal di Korea yang pada saat itu dikenalkan sebagai makanan kesehatan seperti halnya ginseng. Bawang hitam dikenal sebagai makanan kaya zat antioxidan yang pada saat itu ditambahkan pada ramuan minuman yang bermanfaat untuk membangkitkan energi ataupun stamina. Di Thailand, bawang hitam atau bawang putih hitam dipercaya sebagai makanan yang berkhasiat untuk umur panjang. Di Amerika Serikat, masyarakat disana mulai mengenal bawang hitam pada awal 2008 ketika Le Sanctuaire di San Francisco menjual bawang hitam. Ditulis dalam “Desain Hidup” 2008 Spring bagian khusus dari The New York Times sebagai “pokok baru” masakan modern. setelah itu mulai dikenal dalam beberapa resep makanan seperti Bawang Putih Ayam Panggang Hitam. Bawang Putih Hitam digunakan oleh koki Bruce Hill dari BIX Restaurant di San Francisco. Pada saat pengusaha Scott Kim pada tahun 2005 mulai mengimpor bawang putih dari pulau Jeju Korea untuk selanjutnya di proses di Perusahaannya di Amerika. Perusahaan Scott Kim mulai memproduksi bawang hitam pada tahun 2008 di Hayward, California. teknologi yang digunakan yaitu memfermentasi bawang putih pada suhu rendah. Popularitas Bawang putih di America terbilang “sensasional” dan masuk dalam daftar 5 bahan makanan teratas di restoran restoran bintang lima. Setelah beberapa kali dikenalkan pada reality show stasiun TV di Amerika Serikat, ketenaran bawang hitampun merambah benua Eropa seperti di Iggris. Oliveria mengenalkan bawang hitam di Australia melalui sebuah toko di Melbourne. Akhirnya pada akhir 2011 bawang hitam atau bawang putih hitam bisa ditemui di pasar – pasar di negara – negara maju.

Cara Pembuatan Black Garlic

Cara pembuatan Black Garlic memakan waktu yang sangat lama yaitu 90 hari. Proses fermentasi ini bisa disingkat menjadi 40 hari, namun hasilnya akan sangat berbeda dengan yang diproses selama 90 hari. Cara fermentasi yang dilakukan adalah dengan memasuk kan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu 25 – 30 derajat selsius selama 40 hari atau 90 hari. Kita harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Black Garlic memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari penyakit termasuk kanker dan bisa untuk memperlambat proses penuaan (sumber : www.organicauthority.com) Beberapa penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan Black Garlic adalah :

Mengobati penyakit yang berkaitan dengan paru paru seperti asma, batuk, sesak nafas
Mencegah Stroke/Serangan Jantung
Memperbaiki sistem pencernaan, dengan detoksifikasi
Meringankan penyakit Parkinson
Membantu penderita Diabetes dengan mengkawal glukosa dalam darah dan meningkatkan insulin
Berfungsi membuang logam berat dalam badan seperti merkuri
Mencegah Alzheimer
Memperbaiki Sel Hati
Melegakan sakit-sakit Sendi/ Artritis

Walaupun Black Garlic memiliki banyak manfaat, namun Black Garlic tidak boleh dikonsumsi oleh:

Orang yang alergi bawang putih
Orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat
Orang yang sedang Migrain

Hasil uji klinis penelitian Bawang Hitam /Black garlic terhadap tikus akan sakit diabetes dan korelasinya silahkan cek
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2788179/

konsumsi bawang putih secara signifikan menurun peroksida lipid hati dibandingkan dengan kelompok kontrol, menunjukkan bahwa bawang putih juga menunjukkan efek antioksidan in vivo. Temuan ini sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya yang melaporkan bahwa suntikan ekstrak bawang putih berair (500 mg / kg) meningkatkan total kadar antioksidan serum (Drobiova et al., 2009) dan inkubasi ekstrak metanol bawang putih (500 mg / kg) penurunan tingkat TBARS hati pada tikus diabetes STZ-diperlakukan (Kanth et al., 2008). Selain itu, kami menemukan bahwa bawang putih hitam berusia lebih efektif dalam pengurangan tingkat TBARS hati dari bawang putih.

 

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...