Home / Artikel Kesehatan / Sakit Tenggorokan ? Lakukan 9 Cara Sehat Ini

Sakit Tenggorokan ? Lakukan 9 Cara Sehat Ini

Sakit tenggorokkan memang membuat tak nyaman, bicara sulit, tidak bisa makan pedas favorit, sakitnya kadang sampai ke telinga. Jangan buru-buru minum sembarang obat, coba hal-hal berikut ini untuk mengatasi sakit tenggorokkan Anda.

1. Kumur Air Garam

Jika Anda mengalami iritasi atau sensasi terbakar di tenggorokan, ambil sedikit air hangat dikombinasikan dengan garam dan pakailah untuk kumur. Lakukan beberapa kali sehari dan bakteri akan hancur. Campuran harus berisi segelas air dan setengah sendok makan garam.

2. Permen atau semprotan pelega tenggorokan

Ada beberapa permen pelega tenggorokan yang akan segera mengurangi rasa sakit karena dengan mengulumnya mulut Anda akan mengeluarkan air liur lebih banyak dan rongga mulut Anda akan lebih basah yang membuat rasa sakit berkurang. Juga ada semprotan dengan bahan-bahan yang sama dan efek antiseptik.

3. Minum cairan

Hal ini sangat penting, Anda harus minum lebih banyak cairan dari biasanya untuk menghindari dehidrasi. Minum teh herbal dan air secara rutin akan membersihkan tenggorokan Anda dan Anda akan mulai merasa lebih baik.

4. Sup ayam dapat juga membantu. Sup yang hangat akan memberi nutrisi dan rasa nyaman juga mengembalikan daya tahan tubuh Anda lagi.

5. Teh herbal

Teh herbal akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda, meredakan radang dan mengurangi rasa sakit.

6.Sup ayam – Sebenarnya setiap jenis sup panas dapat membantu. Natrium dalam sup memiliki efek antiinflamasi yang sangat baik dan panas akan meringankan rasa sakit Anda. Selain itu, radang tenggorokan bisa rusak jika Anda makan makanan sehingga lebih dianjurkan untuk makan sup di mana Anda akan menambahkan potongan ayam potong dadu untuk merasa kenyang.

7. Istirahat

Istirahat tidak bisa menjadi cara cepat pengobatan tetapi sangat penting. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kembali kekuatan Anda, energi dan karena itu Anda akan berjuang lebih melawan infeksi.

8. Antibiotik

Jangan mempertimbangkan untuk mengambil pengobatan apa pun sebelum Anda konsultasi dokter. Jika Anda memerlukan antibiotik, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu dan tidak mengambil tindakan sendiri

9. Nutrisi

Selama perawatan, gizi makanan sangat penting. Hindari makanan yang tidak sehat dan mengkonsumsi lebih banyak lagi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Sumber: www.wikihow.com

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...