Home / Artikel Kesehatan / Sampaikan Pada Mereka yang Tidak Suka Sayur Buncis, Berikut Manfaatnya yang Luar Biasa!

Sampaikan Pada Mereka yang Tidak Suka Sayur Buncis, Berikut Manfaatnya yang Luar Biasa!

Buncis adalah sayuran hijau yang mudah didapat di neegeri kita ini. Buncis biasanya oleh ibu-ibu dimasak sebagai sayur sop, oseng-oseng atau jenis masakan lainnya. Tahukah Anda, ternyata makan buncis ini sangat baik bagi kesehatan karena Buncis tidak mengandung kolesterol dan juga lemak. Meskipun sayuran ini terlihat sederhana dan umum dikenal oleh masyarakat, namun manfaat dari sayur buncis ini tidak bisa dianggap remeh.berikut adalah manfaat Buncis yang di dapatkan jika rajin mengkonsumsinya.

Buncis mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya seperti vitamin A, C, D, B6, B12, zat besi, kalsium, fosfor, potasium, kalium, serat, protein dan juga masih banyak zat-zat penting lainnya.

1. Mencegah penyakit jantung

Buncis mengandung flavonoida, potassium dan juga kandungan serat alami yang sangat tinggi, nutrisi ini sangat berpengaruh besar manfaatnya dalam mencegah penyakit jantung. Seperti sayuran bewarna hijau lainnya, Buncis juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan memiliki bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan pada darah.

2. Mencegah dan membunuh sel kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam Buncis juga sangat efektif dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh yang merupakan faktor pemicu kanker.

3. Menyeimbangkankan kadar gula dalam darah
Kandungan zat b-sitosterol dan juga stigmasterol yang terdapat pada sayur buncis mampu mengendalikan dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

4. Mencegah sembelit dan juga konstipasi
Kandungan serat alami yang tinggi didalam buncis dapat mencegah Anda sulit buang air besar serta sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan mata
Buncis memiliki kandungan vitamin A dan juga beta-karoten yang cukup tinggi, sehingga bila dikonsumsi dengan rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan daya penglihatan.

6. Menguatkan dan menyehatkan tulang
Tulang sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tulang selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Buncis memberikan bantuan luar biasa pada kesehatan tulang karena kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, beberapa diantaranya yaitu kalsium, vitamin K, vitamin A dan juga Silicon. Maka dari itu, dengan selalu rutin mengonsumsi sayuran ini, maka tubuh dapat terbebas dari masalah dan gangguan kesehatan yang dapat mengancam kesehatan tulang, salah satunya yaitu osteoporosis.

7. Melancarkan peredaran darah
Buncis memiliki kandungan zat besi tinggi yang sangat ampuh dalam meningkatkan kualitas produksi hormon hemoglobin, sehingga peredarah darah di dalam tubuh dapat menjadi lebih baik dan lancar.

8. Meringankan stres dan depresi
Buncis memiliki kandungan nutrisi yang bersifat hipoglikemik yang dapat berfungsi untuk membantu menenangkan sistem saraf dan meminimalisir stres, sehingga ketegangan otak dan pikiran menjadi lebih tenang.

9. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin
Sayuran Buncis ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena kaya akan kandungan asam folat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satunya manfaatnya yaitu dapat mencegah mengalami cacat tabung saraf pada janin.

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...