Home / Artikel Kesehatan / Subhanallah! Ini Rahasia Bau Khas yang Menyebar Setelah Hujan Turun, Petrichor!

Subhanallah! Ini Rahasia Bau Khas yang Menyebar Setelah Hujan Turun, Petrichor!

Berikut rahasia yang Akan mengejutkan semua orang !!

Tentu kita pernah merasakan sensasi aroma hujan ketika pertama turun menyentuh tanah, bau tersebut sangat khas dan beberapa orang merasakan relaksasi oleh bau tersebut. Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang rahasia bau khas ini? Bau ini bukanlah hanya satu rahasia, melainkan tiga rahasia, atau tepatnya tiga penyebab dari bau ini  yaitu, ozon, Algiosmen, dan minyak yang dihasilkan oleh tanaman.

– Ozon: Gas beracun yang terdiri dari tiga atom oksigen, memiliki bau seperti klorin yang tajam, kadang-kadang menyebabkan terjadinya petir  karena pecahnya molekul gas oksigen gas ozon, dan angin .
Gas ozon itu beracun dan mampu menghancurkan sel-sel paru-paru, tetapi yang ada dalam setiap air hujan terdiri dari jumlah yang sangat kecil, dan meskipun dalam kuantitas yang teramat kecil kita dapat mencium baunya karena dua alasan: Penciuman manusia yang kuat dan Kedua, bau tajam dari ozon alami.

– Algiosmen: Bakteri yang ditemukan di dalam tanah, pada musim kering bakteri ini menghasilkan spora, dan semakin lama kekeringan meningkatkan kuantitas produksi spora, produksi spora mengeluarkan seri Algiosmen, yang memiliki bau sederhana yang kuat, ketika hujan turun membebaskan senyawa organik- senyawa organik ini dari tanah, sensitivitas hidung  manusia sangat tinggi membuat kita mencium bau Algiosmen bila konsentrasinya di udara sekitar kita 5 bagian per triliun (ppt). Aroma Algiosmen di hutan lebih besar dan kuat dari probabilitas bau ozon. Sebaliknya, probabilitas bau ozon di perkotaan  lebih besar dari Algiosmen.

– Minyak: Tanaman menghasilkan banyak minyak di lingkungan sekitarnya, ketika hujan jatuh beberapa minyak ini di senyawa minyak dan kimia dibebaskan dan dilepaskan ke udara. Beberapa peneliti percaya bahwa minyak ini disekresikan untuk mencegah tanaman dari benih disiapkan pada musim kering.

Informasi Tambahan:

Aroma  hujan di istilahkan para ahli dengan nama petrichor berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘petra’ yang berarti batu. Dan ‘ichor’ yang bisa diartikan sebagai cairan mirip darah yang mengalir dalam nadi Dewa.

Fenomena ini dipopulerkan oleh 2 peneliti Australia pada 1964. Namun, bagaimana mekanisme fisikawi di balik fenomena ini akhirnya baru terungkap.

“Para peneliti membicarakan soal minyak dari tanaman dan bahan kimia tertentu yang berasal dari bakteri yang membuat aroma hujan setelah cuaca kering yang panjang,” kata asisten professor teknik mesin Massachusetts Institute of Technology (MIT), Cullen Buie.

“Tapi bagaimana bau itu bisa sampai ke udara belum dibahas,” imbuh dia.
Sesungguhnya apa yang terjadi?

Pada 2015 ini, para peneliti dari MIT menguak misteri tersebut dengan menggunakan kamera canggih yang bisa merekam bagaimana bau berpindah di udara. Untuk penelitian ini, mereka menggunakan 38 permukaan berbeda. Di antaranya merupakan sampel tanah dengan 16 jenis berbeda yang berasal dari sekitar kampus MIT dan tepi Sungai Charles.

Melalui penelitian tersebut terkuak, saat setetes air hujan jatuh di permukaan berpori, gelembung kecil berisi udara terbentuk. Gelembung itu lalu jatuh dan pecah di permukaan bulir air hingga kemudian mengeluarkan partikel mikroskopis yang disebut aerosol ke udara.

Peneliti-peneliti ini menyimpulkan, aerosol itulah yang membawa aroma hujan. Beberapa aerosol memang bisa membawa aroma seperti halnya mereka mengandung bakteri dan virus.

Mereka mengungkap, semakin deras hujan, maka aerosol yang dihasilkan makin sedikit. Dan sebaliknya, hujan intensitas ringan akan menghasilkan banyak aerosol.

1. Jika Anda minum dalam sehari dari air yang tampak bersih tapi agak berlumpur rasa, itu karena mengandung Algiosmen.

2. Jika Anda mengalami masalah yang sama dengan ikan, hanya cukup mencuci ikan dengan menambah  sedikit cuka, dengan cuka akan bekerja pada pembongkaran Algiosmen.

3. Kata ozon yang berasal dari kata Yunani yang berarti Oozaan bau.

4. Algiosmen adalah apa yang memberi bit rasa Turabi unggulan.

5. Bakteri seri di samping produksi Algiosmen dua-pertiga antibiotik ditemukan di alam menghasilkan, termasuk anti-parasit dan antijamur, dan juga menghasilkan bahan yang digunakan dalam pembuatan obat imunosupresan.

Nah sekarang kita jadi tahu itu rahasia Bau yang menyebar saat Hujan turun dan reda.

semoga bermanfaat

sumber
http://www.shasha.ps/news/197197.html

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...