Home / Artikel Kesehatan / Ternyata Kulit Buah Banyak Manfaatnya!

Ternyata Kulit Buah Banyak Manfaatnya!

#Kulit Pisang

Kulit pisang mengandung serotonin yang cukup tinggi.  Serotonin bermanfaat untuk menaikkan mood seseorang. Jadi, tak salah jika untuk mengembalikan mood bahagia Anda dalam melakukan aktivitas melelahkan, mengkonsumsi smoothies pisang bercampur dengan kulitnya menyegarkan dan bermanfaat bagi perasaan bahagia Anda.

#Kulit Jeruk

Percaya atau tidak percaya kulit jeruk memiliki berbagai efek yang dapat mencegah berbagai jenis kanker yang mengancam kita. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab fatal kanker kulit. Orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki lebih sedikit risiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru dibandingkan mereka yang hanya makan jeruk di dalamnya.

#Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan jantung ternyata juga sangat besar. Kulit manggis dapat menjadikan jantung kita sehat dan mencegah penyakit jantung yang berbahaya. Berikut manfaatnya untuk kesehatan jantung.
Kulit manggis dapat membantu mencegah penyakit jantung, Menurunkan tekanan darah tinggi, Memperkuat pembuluh darah, Membantu mencegah arteriosclerosis, dan menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat dalam darah).

#Kulit Semangka

Kulit semangka mengandung likopen yang beguna untuk menjadi perawatan kulit yang berjerawat. Likopen merupakan sejenis antioksidan yang juga terdapat pada manfaat jeruk yang mampu memberikan perawatan terhadap sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.

Cara Penggunaan: Bersihkan kulit semangka dari dagingnya hingga hanya terdapat putihnya saja. Iris sesuai selera dan tempelkan pada kulit yang ingin di treatment.

#Kulit Mangga

Kulit buah yang bermanfaat selanjutnya adalah kulit buah mangga. Bisa jadi yang sangat suka dengan manfaat kulit buah mangga ini adalah para wanita karena kulit ini sangat bermanfaat bagi perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Kulit mangga mengandung alfa hidroksi asit yang mengandung manfaat sebagai pengelupas dan peremajaan kulit. Belum lagi antioksidan, vitamin dan mineral yang dikandungnya memang sangat bermanfaat bagi kulit kita, terutama bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dan bagi siapa saja yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat maka kulit mangga bisa menjadi alternative penyembuhan. Menurut ahli kulit asal india yaitu Dr. Apratim goel, kulit mangga mengandung banyak betakaroten yaitu zat yang akan dikonversi tubuh menjadi Vitamin A dan bisa menjadi obat mengatasi jerawat. Dan yang paling penting adalah kulit mangga dapat dimanfaatkan para orang tua sebagai obat cacing untuk anaknya. Daya anthelmintik dari kulit mangga sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri dari perut.

#Kulit buah delima

Kulit buah delima mengandung tanin yang berfungsi mengerutkan pori-pori kulit. Selain itu karena kandungan taninnya kulit delima yang masak merupakan bahan astringen yang kuat dan sangat manjur mengatasi diare, disentri dan keputihan pada wanita. Sebagai bahan kosmetik juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan juga dapat digunakan sebagai shampo untuk rambut berketombe. Penelitian yang dilakukan Dr. navaro dari salah satu intitut di meksiko membuktikan Ekstra metanol yang terkandung dalam kulit buah delima merupakan senyawa ampuh melawan semua jenis bakteri dalam tubuh terutama pada anak-anak. Kulit delima dapat digunakan untuk mengendalikan penyebaran infeksi virus polio, virus herpes simplek serta mengobati peradangan dan infeksi pada rongga mulut.

Itulah berbagai manfaat kulit buah yang kita konsumsi sehari-hari. Sebelum membuang sesuatu ada baiknya kita mencari tahu manfaatnya terlebih dahulu seperti kulit buah ini. #Semoga bermanfaat#

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...