Home / Artikel Kesehatan / 12 Cara Menggunakan Madu Untuk Kesehatan Anda

12 Cara Menggunakan Madu Untuk Kesehatan Anda

Madu alami yang belum dipanaskan sangat baik untuk kesehatan Anda. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendapat manfaat madu misalnya dengan menambahkan madu dalam bak  mandi, digunakan sebagai masker wajah atau sebagai minuman saat santai. Anda akan mendapatkan sifat anti-bakteri nya yang membantu mengobati, masalah kulit , stres emosional dan juga akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Bahan utama dalam madu adalah fruktosa (gula dari sumber buah), yang memberikan ketahanan tubuh dan tahan lama. Dibandingkan dengan gula putih, fruktosa dilepas dalam tubuh lebih lambat, menghasilkan peningkatan kadar gula darah secara bertahap. Madu juga mengandung protein, mineral (seperti zat besi, tembaga, fosfor, kalium dan natrium), enzim dan vitamin, terutama kelompok B.

Warna madu bervariasi ergantung jenisnya. Warna yang lebih gelap menunjukkan bahwa tingkat antioksidannya lebih tinggi. Penting untuk dicatat bahwa madu yang mengalami pemanasan lebih dari 40 derajat Celcius dapat merusak sifat pengobatannya.

Selain mengonsumsinya langsung Anda dapat menggunakan madu dalam beberapa cara alternatif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda seperti berikut ini.

1. Pilek dan flu

Minum campuran  air hangat dengan madu, lemon, kayu manis dan jahe. Dianjurkan untuk minum setiap dua jam sekali. Buat racikan teh jahe lemon dan madu, ini merupakan cara yang lebih alami untuk bebas dari pilek dan flu.

2. Batuk, sakit tenggorokan dan radang paru

Madu digunakan sebagai sirup untuk mengobati infeksi batuk. Gunakan sirup madu kombinasi bawang putih

3. Kulit berjerawat

Setetes madu pada jerawat sebelum tidur akan membantu Anda mengatasi masalah jerawat, ini karena sifat anti-bakteri nya. Juga efek madu mengeringkan luka dan mencegah iritasi kulit dan peradangan.

4. Luka dan luka bakar

Kain kasa yang diolesi dengan madu bisa dijadikan pelembab untuk kulit, membantu mencegah infeksi, menghilangkan bau dan mengurangi peradangan akibat luka bakar.

5. Kulit kering

Madu adalah bahan yang sangat baik untuk digunakan saat mandi untuk melembabkan kulit. Anda dapat menerapkannya langsung pada kulit yang dirasa kasar, atau masukkan madu dalam air dan tambahkan campuran untuk air mandi.

6. Bibir kering

Oleskan sedikit madu pada bibir kering atau pecah-pecah, dan biarkan selama beberapa menit untuk melunakkan permukaan bibir.

7. Gingivitis

Oleskan madu langsung pada daerah yang terkena. Hal ini akan membantu untuk mengatasi masalah dengan cepat.

8. Stres

Siapkan minuman herbal yang menenangkan menggunakan herbal seperti  passionflower dan chamomile, dan dipermanis dengan madu untuk meningkatkan efek menenangkan. Ini merupakan obat alami untuk stres dan kecemasan.

9.  Tukak Lambung

Dua sendok makan madu sehari dan minum saat perut kosong tiga kali sehari selama tiga minggu.

10. Gangguan Siklus haid

Madu merangsang produksi asam lemak omega-6 yang mengatur proses hormonal dalam tubuh kita. Ambil satu sendok makan madu masukkan dalam segelas air hangat atau teh herbal untuk diminum sekali sehari.

11. Detok racun alkohol

Minum alkohol dapat membebani kerja hati dengan gejala dehidrasi, rasa haus, sakit kepala dan mual. Minum secangkir air hangat dengan setengah lemon segar dan satu sendok teh madu akan membantu untuk detoksifikasi hati dan mengurangi pengaruh alkohol. Anda juga dapat mengkonsumsi minuman ini sehari-hari pada waktu perut kosong untuk membersihkan tubuh.

12. Rambut Kering

campur  ½ cangkir madu dan  ¼ cangkir minyak zaitun. Setelah mencuci rambut (tanpa keramas), terapkan dua sendok makan campuran dan gosok dengan baik dengan jari-jari Anda. Kenakan shower cap dan biarkan campuran di kepala Anda selama 30 menit. Lalu keramas dan keringkan rambut seperti biasa.

 

Check Also

Tinggalkan Cara Lama Anda Menggosok Gigi, Gunakan Cara Ini Untuk Putihkan Gigi Anda!

Senyum dengan gigi putih cemerlang adalah dambaan banyak orang. Namun tak jarang pemasalahan gigi kuning ...

...