Home / Artikel Kesehatan / 5 Cara Alami yang Ampuh Hilangkan Keloid Mengganggu Di Kulit

5 Cara Alami yang Ampuh Hilangkan Keloid Mengganggu Di Kulit

Keloid merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat pertumbuhan jaringan luka yang abnormal atau berlebihan setelah pulihnya luka yang dalam pada jaringan. Keloid merupakan lesi kulit berserat dan tidak berpotensi menjadi ganas. Jaringan luka, yang juga dikenal sebagai jaringan fibrosa, terbentuk untuk memperbaiki dan memperbarui kulit setelah terluka. Namun, tak jarang dalam beberapa kasus, jaringan luka tumbuh menjadi terlalu besar, sehingga timbul keloid. Studi telah membuktikan bahwa hal ini terjadi ketika mekanisme perbaikan tubuh kehilangan kendali sehingga terjadi proses pemulihan luka yang tidak normal.

Beberapa hal berikut merupaka faktor yang membuat seseorang memiliki keloid ketika sembuh dari luka.

1. Genetik dan Ras
2. Usia
3. Vaksinasi
4. Jenis dan Lokasi Trauma

Sebenarnya tindakan menghilangkan keloid ini tidak perlu tergesa-gesa, Hanya saja ada beberapa indikasi medis yang menyarankan untuk segera mendapatkan penanganan apabila keloid teiritasi hingga terasa nyeri, gatal dan terasa mengganggu. Indikasi untuk mengobati keloid lainnya yakni berdasarkan permintaan pasien dengan latar belakang kosmetik apalagi jika keloid menyerang bagian wajah yang notabene merupakan bagian yang paling sering diperlihatkan.

Beberapa bahan alami dipercaya bahkan sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan keloid ini. Diantaranya yang paling populer adalah:

1. Madu

Madu memang memiliki efek luar biasa terutama dalam meregenerasi kulit. Selain memiliki sifat anti aging madu dapat mengobati kerusakan pada kulit, ini karena nutrisi dalam madu sangat baik bagi peremajaan kulit seperti kandungan vitamin dan mineral serta antioksidannya yang tinggi. Bersihkan kulit dengan seksama lalu oleskan madu murni pada kulit yang berkeloid tadi, biarkan 15 sampai 30 menit kemudian basuh dengan air bersih. Lakukan dengan rutin Insya Allah kulit Anda berangsur-angsur kembali baik.

2.Mentimun

Kandungan Vitamin C pada timun sangat baik untuk kulit. Mentimun juga memliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Gunakan Mentimun sebagai maske atau lulur untuk mengatasi Keloid.

3. Lemon

Buah Lemon memang memiliki segudang manfaat, selain manfaatnya untuk mengalkali tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat, Lemon juga sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Lemon dapat mengikis kulit mati dengan baik sehingga membantu meregenerasi kulit, sehingga kulit jadi lebih sehat dan cantik.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan keloid. Lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu meregenerasi permukaan kulit yang rusak. Bahkan, lidah buaya memiliki sifat dingin sehingga dapat mengurangi rasa gatal.

Caranya : Belah daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada daerah yang terkena keloid. Diamkan hingga kering, agar kandungan lidah buaya terserap dengan baik. Lakukan cara ini 5 sampai 6 kali sehari selama beberapa hari.

Catatan : Obat dari lidah buaya ini sangat efektif pada bekas luka keloid yang masih baru,dan kemungkinan tidak efektif pada bekas luka keloid yang berusia lebih dari satu tahun.

5. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis sangat efektif menghilangkan keloid. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang kuat sehingga mampu menghilangkan berbagai jenis bekas luka, termasuk bekas luka keloid. Kandungan zat lain dalam jeruk nipis juga dapat membantu meregenerasi dan memperbaiki kerusakan kulit.

Caranya : Peras air jeruk nipis. Oleskan air tersebut pada bekas luka keloid. Diamkan selama sekitar setengah jam, dan kemudian bilas dengana air hangat. Tepuk-tepuk hingga kering dan kemudian oleskan lotion pelembab untuk menjaga kelembaban kulit yang terkena keloid tersebut.
Lakukan cara ini dua kali sehari selama satu bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Check Also

Dokter Mesir Temukan Obat Pulihkan Penglihatan Dengan Metode Keringat Dalam Al Quran Surah Yusuf

Salah satu perusahaan farmasi Swiss mulai memproduksi obat baru yang disebut “Obat Al-Quran” yang memperbaiki ...

...