Home / Resep Ramuan Herbal / 9 Obat Alami Untuk Hilangkan Biduran Dengan Cepat

9 Obat Alami Untuk Hilangkan Biduran Dengan Cepat

Biduran atau Urtikaria adalah gangguan pada kulit yang biasa ditandai dengan bercak merah serta gatal pada kulit. Sensasi nyeri dan panas biasanya muncul menyertainya. Namun, biasanya biduran ini dapat hilang tanpa meninggalkan bekas. Pada kasus biduran atau urtikaria ringan tidak membutuhkan penanganan serius, karena tanda-tanda yang muncul biasanya akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan pada biduran berat dibutuhkan pengobatan. Pengobatan ditujukan untuk mengatasi rasa gatal dan panas serta meredakan peradangan pada kulit. Namun sesungguhnya, yang paling utama adalah mencari faktor pemicu munculnya biduran, seperti makanan, minuman, atau faktor cuaca dan stress  yang dapat menimbulkan alergi berupa biduran, dan menghindarinya agar Biduran/ kaligata/ urtikaria tidak muncul lagi.

Berikut adalah cara dan obat alami untuk mengobati biduran yang dapat Anda lakukan di rumah.

#1 Asam Jawa dan Temulawak

Rebus Asam Jawa bersama 15 gr temulawak dan gula aren dengan 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan sampai tersisa setengahnya. Matikan api, Biarkan dingin, lalu saring. Minum ramuan ini untuk menyembuhkan biduran anda. Anda bisa menambahkan madu bila suka.

#2 Bawang Merah dan Daun Kelor

3 lembar daun kelor segar dan sebutir bawang merah, juga 2 gr pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Kemudian disaring. minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

#3 Kunyit dan Sambiloto

10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Haluskan semua bahan tadi dengan cara ditumbuk atau diblender. Rebus dengan 600 ml air hingga tersisa sepertiga bagian. Lalu disaring dan dinginkan. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

#4 Daun Jombang

Rebus 30 gr daun Jombang kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat.

#5 Akar Rosa Multifona Thumb

Rebus akar tumbuhan tersebut kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Sesudah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi serta sore hari.

#6 Minyak Kayu Putih kombinasi Zaitun

Dalam sebuah wadah masukkan Minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol Kristal masing-masing sejumlah 1 sdm. Aduk semua bahan hingga rata. Gosokkan pada kulit anda untuk menyembuhkan biduran.

#7. Jahe dan Cuka Beras Hitam

100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe (yang sudah dihaluskan), serta gula merah. Lalu rebus semua bahan dengan air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini 2 kali dalam satu hari.

#8 Leunca

Cuci tanaman leunca yang sudah dibuang akarnya, lalu tumbuk. Oleskan pada kulit sampai warna leunca jadi hijau. Lakukan sejumlah 3 kali dalam sehari untuk mengobati biduran anda.

#9 Daun Sirih

Daun sirih dan ketepeng, masing-masing sejumlah 20 lembar. Rebus lalu saring. Minum untuk mengobati biduran secara alami. Selain menyembuhkan biduran, daun sirih dapat juga digunakan untuk menyingkirkan bau badan secara alami.

Selamat mencoba semoga berhasil!

 

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...